Dark/Light Mode

Wacana Kaesang Maju Di Pilkada Depok

PKS Ngaku Nggak Alergi

Sabtu, 1 April 2023 07:35 WIB
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: PKS)
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak alergi dengan munculnya figur-figur alternatif, seperti Kaesang Pangarep, yang dianggap layak memimpin Kota Depok. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS sudah punya jagoan, yang siap diusung di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yakni Imam Budi Hartono (IBH).

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, partainya menyambut baik wacana majunya Kaesang sebagai Calon Wali Kota (Cawalkot) Depok Periode 2024-2029.

Menurut dia, semakin banyak figur yang terjun di Pilkada Kota Depok, seperti Kaesang, masyarakat Depok akan senang, karena mereka diberikan banyak pilihan calon pemimpin.

“Semua boleh. Apalagi anak muda. Makin banyak, makin kompetitif, makin baik. Mas Kaesang ngetop dan pandai,” ujar Mardani saat dihubungi, kemarin.

Baca juga : PDIP Nunggu Arahan Ketum

Diketahui, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tiba-tiba diusung warganet untuk menjadi Wali Kota Depok Periode 2024-2029. Kabar bermula saat ada sebuah cuitan yang mengunggah foto suami Erina Gudono lengkap dengan tagline-nya.

Foto berlatar belakang warna merah itu bertuliskan ‘Kaesang untuk Warga Kota Depok yang Ceria’ ramai dikomentari. Setelah ditelusuri, poster tersebut ternyata dibuat oleh relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center).

Banyak warganet yang mengomentari cuitan tersebut. Tak sedikit warganet yang setuju untuk mengusung Kaesang maju menjadi Wali Kota Depok. Ada pula warganet yang tak setuju.

Melanjutkan keterangannya, Mardani mengatakan, pihaknya tak akan mempersoalkan wacana majunya Kaesang di Pilkada Kota Depok 2024. Sebab, pilihan terhadap sosok pemimpin ada di tangan masyarakat.

Baca juga : Di Papua, Pemerintah Nggak Pernah Putus Asa

Selain itu, lanjut dia, PKS juga siap untuk meramaikan bursa calon Wali Kota Depok, bahkan mereka sudah menyiapkan kader, yakni Wakil Wali Kota Depok saat ini, Imam Budi Hartono.

“Insya Allah, PKS punya calon yang berkualitas. Wakil Wali Kota, Mas Imam Budi Hartono. Pandai dan baik hati juga,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengaku belum mengetahui isu yang viral di media sosial (medsos) itu. “Kok Baru tau saya,” ujar Hendrik.

Ia pun mengaku tak melarang adanya kelompok masyarakat yang mau mengusulkan pencalo­nan Kaesang. Namun, kata dia, pengurus DPC PDI Perjuangan belum memikirkan Pilkada Kota Depok 2024, karena tengah memikirkan persoalan yang dihadapi masyarakat.

Baca juga : Rampung Digarap KPK, Hercules Ngaku Nggak Kenal Para Tersangka

“Kami belum berbicara ba­gaimana untuk Pilkada. Masih jauh. Saat ini, kami masih fokus mengikuti tahapan untuk Pemilu Lgislatif (Pileg) 2024,” ucap Hendrik.

Soal siapa calon Wali Kota Depok yang diusung, lanjut dia, DPC PDI Perjuangan Kota Depok perlu mendapatkan kepu­tusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Itu mekanisme di partai kami. Pilkada merupakan. keputusan keputusan DPP dan Ibu Ketua Umum,” tegas dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.