Dark/Light Mode

Suhu Politik Pandeglang Masih Anyep-anyep Saja

Selasa, 25 Juli 2023 07:45 WIB
Ilustrasi. (Antara)
Ilustrasi. (Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suhu politik di Kabupaten Pandeglang belum juga memanas. Munculnya dua nama bakal calon Bupati Pandeglang periode 2024-2029, Rizki Natakusumah dan Fitron Nur Ikhsan, tidak memancing respons publik untuk membicarakan atau memanaskan suhu Pemilu Kepala Daerah (Pilkada).

Pengamat politik dari Uni­versitas Mathla’ul Anwar Ban­ten, Eko Supriatno mengatakan, animo masyarakat terhadap Pilkada Kabupaten Pandeglang belum seriuh Pilkada Provinsi Banten. Meski banyak nama ber­munculan di bursa Calon Bupati (Cabup) Pandeglang, hanya dua nama yang menyita perhatian publik, yakni Rizki Natakusumah dari Partai Demokrat dan Fitron Nu Iksan dari Partai Golkar.

“Itu pun belum sesemarak pembicaraan masyarakat soal Pilkada Banten. Meski kedua nama itu digadang oleh dua partai besar, masyarakat belum terpancing untuk membicarakan atau memanaskan suhu Pilkada Kabupaten Pandeglang,” ujar Eko melalui keterangam tertu­lisnya, kemarin.

Baca juga : Tenang, Stok Pangan Kita Masih Aman Kok

Menurut dia, belum mening­katnya suhu di pertarungan Pilkada Kabupaten Pandeglang, disebabkan oleh masih lamanya waktu pelaksanaan. Selain itu, partai-partai yang menaungi para Cabup Pandenglang masih fukus untuk menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Di Pandeglang, mesin Partai Demokrat dan Partai Golkar belum mensosialisasikan bakal calon kepala daerah secara ma­sif. Mungkin, mereka masih menunggu hasil dan bekerja untuk memenangkan Pileg,” ucap Eko.

Selain itu, tambah dia, para bakal Cabup Pandeglang, juga masih sibuk mengumpulkan prestasi atau hasil kerja yang ingin ditunjukan kepada mas­yarakat. Pasalnya, rekam jejak para calon akan menjadi salah satu pertimbangan masyarakat, dalam memilih Bupati Pande­glang Periode 2024-2029.

Baca juga : Cegah Politik Uang Pemilu 2024, KPK Kampanyekan Hajar Serangan Fajar

“Meski masih anyep, saya mengapresiasi keberanian De­mokrat dan Golkar, yang secara terbuka menyiapkan kader inter­nalnya maju. Ini jadi pertanda, pengkaderan dan regenerasi di tingkat partai, khususnya di Pan­deglang, berjalan baik. Mereka tidak sekadar mengandalkan popularitas dan elektabilitas tokoh dalam survei,” tandasnya.

Secara terpisah, Sekretaris De­wan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Pan­deglang, Iing Andri Supriadi mengatakan partainya akan men­gusung nama Rizki Natakusumah di Pilkada 2024. Menurut dia, pengusungan nama itu sudah disepakati, serta sesuai dengan du­kungan dan harapan masyarakat.

“Demokrat bakal all out memenangkan Pilkada Pande­glang 2024. Kami akan men­gusung anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR, Rizki Na­takusumah,” ujar Iing.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Sosialisasi Perjanjian Kerja Sama

Namun, Ketua Fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabu­paten Pandeglang ini memban­tah, mesin partai mereka masih tiarap. Menurutnya, seluruh kader Partai Demokrat sudah bekerja melakukan sosialisasi, tapi dilakukan secara geriliya.

“Rizki juga sangat eksis kok. Dia selalu turun di tengah mas­yarakat. Kami mengapresiasi hal itu, karena rakyat butuh pemimpin yang dekat dengan mereka,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 25/7/2023 dengan judul Suhu Politik Pandeglang Masih Anyep-anyep Saja

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.