Dark/Light Mode

Jamin Pemilihan Transparan

Jokowi: Calon Pj Gubernur Jabar Ada 3, Namanya Belum Masuk ke Saya

Jumat, 4 Agustus 2023 13:26 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram Jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pemilihan penjabat (Pj) kepala daerah dilakukan melalui proses yang akuntabel dan transparan. Seperti usulan nama, masukan berasal dari daerah untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penegasan ini disampaikan Jokowi terkait sikap sebagian aktivis yang mempertanyakan akuntabilitas pemilihan Pj kepala daerah yang dilakukan Kemendagri.

Baca juga : Presiden Jokowi Dan Pj Gubernur Heru Jajal LRT Jabodebek

“Apanya yang nggak akuntabel? Apanya yang nggak transparan? Masukannya dari bawah semua. Dari daerah ke Kemendagri terus baru naik ke kita di TPA (Tim Penilai Akhir), semuanya terbuka,” kata Kepala Negara kepada awak media, usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8).

Terkait Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar), Jokowi mengatakan, DPRD Jawa Barat telah mengusulkan tiga nama untuk mengisi jabatan tersebut ke Kemendagri. Saat ini nama-nama tersebut sedang diproses. Jokowi mengaku belum menerima daftar ketiga nama tersebut.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Banjir Di Ibu Kota Jakarta Bakal Berkurang

“Iya sudah ada, tapi belum sampai ke saya. Namanya saya belum tahu. Yang jelas tiga. Biasanya dari DPRD, dari bawah tiga,” lanjutnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan selesai pada 5 September 2023. Selanjutnya, jabatan tersebut diisi Pj Gubernur hingga Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.