Dark/Light Mode

Tanggapi Klaim Helmy Yahya

Wali Kota Pagar Alam: Mending Saya Pensiun

Jumat, 11 Agustus 2023 07:45 WIB
Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni. (Foto: Instagram @humas_pagaralam)
Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni. (Foto: Instagram @humas_pagaralam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni, menanggapi pernyataan mantan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Selatan (Sumsel), Helmy Yahya, soal besarnya ongkos pemilu kepala daerah (Pilkada). Alih-alih mengamini, politisi NasDem itu justru memberi jawaban menohok.

Menurut Alpian, jika ongkos Pilkada menghabiskan uang hingga Rp 50 miliar, dia akan memilih pensiun, dan tidak akan maju Pilkada lagi. Menurutnya, jika dia punya uang sebanyak itu, ia lebih baik buka usaha.

“Kalau ada uang Rp 50 miliar, saya pensiun, saya tidak akan ikut Pilkada lagi. Lebih baik, saya buat kandang ayam, usaha peternakan ayam,” ujar Alpian di Pagar Alam, Sumsel, kemarin.

Baca juga : Partai Garuda: Cara Baru Selamatkan Pelaku Korupsi

Diketahui, saat menjadi bin­tang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier, Helmy Yahya mem­bagikan pengalamannya tiga kali kalah di Pilkada Sumsel. Menurut dia, ongkos seseorang untuk maju pilkada, khususnya dari jalur partai politik, tidak sedikit. Tingkat bupati saja, seseorang bisa menghabiskan Rp 50-60 miliar untuk mendapat surat rekomendasi.

Melanjutkan keterangannya, Alpian menilai, statemen yang disampaikan Helmy, kemung­kinan bukan terjadi di Kota Pagar Alam. Dia juga tidak mau mencampuri lebih jauh tentang pernyataan itu.

“Saya berani katakan, itu bu­kan di Kota Pagar Alam. Kalau saya punya uang sebanyak itu, lebih baik berkebun dan usaha lain,” cetusnya.

Baca juga : Tanggapan Jokowi Soal Mimpi SBY Ngereta Dan Ngopi Bareng Sesama Presiden

Soal Pilkada 2024, Alpian menyebut dirinya punya keingi­nan maju kembali untuk periode kedua. Sebab, ia menginginkan visi-misi yang saat ini berjalan, bisa terus berkesimabungan.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Pagar Alam, Jenny Shandiyah mengatakan, pihaknya tengah fokus untuk memenang­kan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Karenanya, DPD Partai NasDem Kota Pagar Alam belum bisa bicara banyak soal Pilkada mendatang.

“Pilkada masih jauh. Kami fokus menang Pileg dan Pilres dulu. Terlebih, kami telah me­nargetkan untuk kembali me­menangkan Pileg di Kota Pagar Alam,” ucap Jenny.

Baca juga : Tak Temukan Kejanggalan, KPK Sebut Harta Walkot Pangkalpinang Didapat dari Usaha

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 11/8/2023 dengan judul Tanggapi Klaim Helmy Yahya, Wali Kota Pagar Alam: Mending Saya Pensiun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.