Dark/Light Mode

Usung Bambang Di Pilkada Jawa Tengah

PPP Tantang Banteng

Jumat, 25 Agustus 2023 07:45 WIB
Ketua DPW PPP Provinsi Jateng, Masruhan Samsurie. (Foto: Antara)
Ketua DPW PPP Provinsi Jateng, Masruhan Samsurie. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masuknya nama Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul di bursa Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng), diapresiasi banyak pihak. Bahkan, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Jateng menantang Partai Banteng mengusung Bambang, sebagai pengganti Ganjar Pranowo.

Ketua DPW PPP Provinsi Jateng, Masruhan Samsurie mengatakan, salah satu tugas utama partai politik (parpol) adalah melakukan kaderisasi. Karenanya, seluruh kader harus digembleng dan dipromosikan sesuai penilaian internal masing-masing partai.

Masuknya nama Bambang Pacul di bursa Pilkada Jateng, lanjut dia, menandakan proses kaderi­sasi PDIP berjalan baik. Terlebih, kata dia, anggota Fraksi PDIP di DPR itu merintis jejak politik dari bawah.

Baca juga : Siapa Capres Yang Batal Bertarung?

“Saya menilai, ide itu orisinil dan sangat bagus untuk penguatan marwah partai. Kalau ketua-nya dijagokan dalam Pilkada, marwah partai akan naik, pendidikan politik, dan kaderisasi berjalan sangat bagus,” ujar Masruhan, kemarin.

Lebih lanjut, dia mengatakan,kekuatan parpol bermula dari pengkaderan yang baik. Menurutnya, eksistensi PDIP yang mengakar kuat di Jateng, dapat menegakkan demokrasi secara maksimal melalui pengkaderan tersebut.

“Kalau partai dihargai publik,pengkaderan berjalan, partai tersebut akan memainkan fungsinya secara maksimal. Ini salah satu pilar penting, dalam tegaknya demokrasi,” jelas dia.

Baca juga : Ganjar Bungkukkan Badan Ucapkan Terima Kasih Pada Masyarakat Jawa Tengah

Masruhan pun menantang PDIP Provinsi Jateng menga­jukan Bambang Pacul sebagai pengganti Ganjar. Dengan be­gitu, partai-partai lain ikut ter­dorong mengajukan ketua-nya di Pilkada mendatang.

“Sebagai partai terbesar di Jateng, saya berharap, PDIP mengusung Ketua DPD PDIP Provinsi Jateng,” tandasnya.

Sebelumnya, pengamat politik Teguh Yuwono menyebut sejumlah nama yang dianggapnya layak maju di Pilkada Jateng, salah satunya Bambang Pacul. “Tapi tergantung juga. Bisa saja Bambang Pacul tidak terlalu tertarik bermain sebagai figur yang langsung jadi Gubernur,” ujar Teguh Senin (21/8).

Baca juga : Tambang Rakyat Dilegalkan, Gus Falah: NU Siap Bantu Negara

Namun begitu, lanjut dia, Bambang Pacul belum mau berbicara soal Pilkada. Menurutnya, urusan pilkada akan dipikir belakangan oleh PDIP, karena mereka lebih mengutamakan Pileg dan Pilpres yang sudah di depan mata.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 25/8/2023 dengan judul Usung Bambang Di Pilkada Jawa Tengah, PPP Tantang Banteng

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.