Dark/Light Mode

Pelantikan Bisa Serentak

PPP Kota Bogor Dukung Jadwal Pilkada Dimajukan

Rabu, 30 Agustus 2023 07:40 WIB
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Bogor, Brenda Rara Pendhita. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Bogor, Brenda Rara Pendhita. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Bogor, menyetujui usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang percepatan jadwal Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pasalnya, percepatan penyelenggaraan Pilkada akan membuat pelantikan kepala daerah terpilih, dapat dilakukan serentak.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Bogor, Brenda Rara Pendhita mengatakan, pihaknya mendukung usulan KPU tentang percepatan pelaksanaan Pilkada 2024. Sebab, keserentakan proses pelanti­kan kepala daerah terpilih, tidak akan terjadi bila Pilkada tetap dilakukan bulan November.

Baca juga : Panel Barus: Dukungan Ini Natural, Tidak Kami Buat-buat

“Kami sepakat dengan penilaian Ketua KPU. Menurut kami, gelaran Pilkada dilakukan lebih cepat, lebih baik. Tidak harus November,” ujar Brenda di Bogor, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bogor ini menyebut, para pem­buat undang-undang atau legurator bisa memajukan jadwal pelaksaan Pilkada. Dengan begitu, ada waktu tambahan untuk mem­proses sengketa hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga : BPBD Kuningan Pastikan Kebakaran Di Gunung Ciremai Sudah Padam

“Setelah tanggal pelaksanaan Pilkada 2024 diputuskan, tanggal pelantikannyan juga ditetapkan. Jadi, pelaksanaan dan pelantikannya berjaran secara serentak. Hal utama yang harus diperhitungkan, keputusan gugatan hukum di MK,” jelas dia.

Selain sengketa hasil Pilkada, sambung dia, lamanya masa ja­batan Penjabat (Pj) Kepala Daerah juga menjadi dasar pertim­bangan percepatan pelaksanaan Pilkada. Menurut dia, roda pemerintahan di daerah tidak akan berjalan efektif, jika telalu lama dipimpin oleh Pj.

Baca juga : Nelayan Majingklak Pangandaran Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

Brenda berharap, argumen beberapa tokoh mengenai perce­patan Pilkada 2024 dapat men­jadi bahan pertimbangan seluruh pemangku kepentingan. Dengan begitu, Pilkada bisa digelar se­cara efektif dan efisien.

“Ini demi kepentingan dan kenyamanan bersama. Mari kita perbaiki apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan pada Pilkada sebelumnya,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.