Dark/Light Mode

Pilkada Provinsi Banten 2024

Banteng Buka Peluang Duet Rano-Al Muktabar

Selasa, 12 September 2023 07:40 WIB
Ketua DPD PDIP Provinsi Banten, Ade Sumardi. (Foto: Dok. Istimewa)
Ketua DPD PDIP Provinsi Banten, Ade Sumardi. (Foto: Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Banten membuka peluang duet Rano Karno-Al Muktabar di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Banten 2024. Namun, hal tersebut masih sebatas wacana. Keputusan final soal Pilkada, di tangan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPD PDIP Provinsi Banten, Ade Sumardi menyebut, duet Rano Karno-Al Muktabar bisa terjadi di Pilkada 2024 nanti. Namun, dia menilai, hal tersebut masih sebatas wacana, karena keputusan pengusungan bakal calon kepala daerah (caka­da) ada di tangan Ketum PDIP.

“Kemungkinan itu (Rano-Al Muktabar) bisa terjadi. Tapi, harus ada restu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Ketua Umum PDI Perjuangan,” ujar Ade ke­pada wartawan, kemarin

Baca juga : PKS Belum Bulat Pro Edy

Dia pun meminta semua pi­hak menghormati mekanisme pengusungan cakada di PDIP. Dia menegaskan, partainya mempunyai AD/RT yang tidak bisa diintervensi pihak mana­pun. “Nanti (pengusungan) ada di tangan DPP dan Ibu Ketua Umum. Kami hanya bertugas memberikan masukan, keputus­an ada di Ketua Umum,” jelas Wakil Bupati Lebak ini.

Lebih lanjut, Ade mengatakan, DPD PDIP Provinsi Banten ma­sih fokus pada upaya pemenang­an Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Saat ini, ungkap dia, DPP PDIP belum memberikan intruksi ter­kait Pilkada mendatang.

“Kami masih memunggu arahan DPP dan Ketua Umum, soal Pilkada 2024 nanti. Soal nama kandidat calon gubernur, seperti yang disampaikan Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto), ada beberapa termasuk Rano Karno,” terangnya.

Baca juga : PKS Siap Tantang Petahana

Ade menambahkan, pihaknya menargetkan bisa merebut kursi Ketua Dewan Perwakilan Rak­yat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, yang saat ini diduduki kader Partai Gerindra. “Ini tu­gas kita, (merebut kursi Ketua DPRD Banten) juga jadi agenda. Karenanya, kami harus fokus untuk memenangkan Pileg,” tandasnya.

Sementara itu, anggota Fraksi PDIP di DPR, Rano Karno mengaku siap kembali maju di Pilkada Provinsi Banten, bila diperintahkan Ketua Umum PDIP. Namun, mantan Wakil Gubernur (Wagub) Banten ini mengaku masih fokus terhadap upaya pemenangan Pileg, dan bakal Calon Preaiden (Capres) PDIP, Ganjar Pranowo.

“Jika dipercaya partai dan mas­yarakat untuk memimpin Banten, saya akan melanjutkan program saat dulu menjabat. Kami akan mengawal 14 proyek strategis nasional (di Banten) yang diberi­kan presiden,” ujar Rano.

Baca juga : PKS Usung Kader Sendiri

Diketahui, Al Muktabar me­rupakan seorang birokrat, yang saat ini menjabat sebagai Penja­bat (Pj) Gubernur Bantem. Dia dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, pada 12 Mei 2022 lalu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 12/9/2023 dengan judul Pilkada Provinsi Banten 2024, Banteng Buka Peluang Duet Rano-Al Muktabar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.