Dark/Light Mode

Pilkada Sumatera Utara 2024

PKS Belum Bulat Pro Edy

Jumat, 8 September 2023 07:40 WIB
Mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kedua kiri) menyapa warga saat acara perpisahan akhir masa jabatan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, Selasa (5/9/2023). (Foto: Antara)
Mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kedua kiri) menyapa warga saat acara perpisahan akhir masa jabatan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, Selasa (5/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Sumatera Utara (Sumut), belum bulat mendukung mantan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Meski nama petahana ban­yak disuarakan para kader untuk kembali dicalonkan, namun mereka membuka kemungkinan bagi figur-figur lainuntuk muncul dalam bursa bakal Calon Gubernur (Cagub) Sumut dari PKS.

Ketua DPW PKS Provinsi Sumut, Usman Jakfar mengatakan, kader-kader PKS di Provinsi Sumut menggaungkan nama Edy Rahmayadi sebagai bakal Cagub Sumut periode 2024-2029. Namun, ungkap dia, hingga kini belum ada rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, atas nama petahana.

Baca juga : PKS Siap Tantang Petahana

“Secara resmi belum ada (rekomendasi DPP PKS). Artinya, (dukungan terhadap Edy) itu hanya bentuk semangat pada beliau dari kader-kader kami di Sumut. Kami menangkap semangat masyarakat Sumut terhadap pak Edy juga masih cukup bagus,” ujar Usman di Medan, Sumut, kemarin.

Meski belum ada rekomen­dasi, lanjut dia, komunikasi PKS dengan Edy berjalan sangat baik. Dia menegaskan, hubungan PKS dengan mantan Gubernur Sumut pun tidak retak atau goyah, di tengah tingginya tensi politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut Usman, awetnya hubungan PKS dengan Edy dikarenakan pengalaman men­gusung petahana di Pilkada 2020 lalu. Dia meyakini, keharmon­isan antara partainya dengan petahana ini terus awet, meski belum ada rekomendasi.

Baca juga : PKS Usung Kader Sendiri

“Kami menjadi salah satu partai pengusung Pak Edy di pe­riode sebelumnya. Jadi, hubun­gan kami dengan Pak Edy baik, dan kami juga memberi sinyal kepada beliau, berdasarkan semangat masyarakat dan para kader,” ucap dia.

Lebih lanjut, Usman mengatakan, DPP PKS juga memberikan tugas untuk mencari figur-figur berkualitas di Pilkada 2024 nanti. Karenanya, DPW PKS Provinsi Sumut akan tetap mem­buka ruang bagi figur-figur lain muncul dalam bursa Cagub Sumut dari PKS.

Nantinya, lanjut dia, nama-nama yang masuk termasuk petahana, akan disampaikan DPW ke DPP untuk diputuskan. “Di saat yang sama, kami juga mencari calon yang terbaik di Sumut, baik dari internal mau­pun eksternal,” tandasnya.

Baca juga : Gelora Dukung Wakil Wali Kota Mau Nyalon

Sementara Edy Rahmayadi mengaku belum menentukan masa depan politiknya usai tidak menjabat sebagai Gubernur Sumut. Dia mengaku ingin is­tikharah lebih dahulu, sebelum mengambil keputusan tentang karir politiknya di tahun 2024.

“Sekarang, saya istikharah dahulu. Meski belum ada keputu­san, sudah ada partai yang mem­beri kode akan mengusung di Pilkada 2024,” ucap dia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 8/9/2023 dengan judul Pilkada Sumatera Utara 2024, PKS Belum Bulat Pro Edy

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.