Dark/Light Mode

Soal Pilkada Muna Barat

Golkar Sultra: Fokus Pileg!

Sabtu, 14 Oktober 2023 07:40 WIB
Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Sultra, Muhammad Basri. (Foto: dok. Golkar)
Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Sultra, Muhammad Basri. (Foto: dok. Golkar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut, keputusan DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna Barat mengusung, La Ode Darwin di Pemilu Kepala Daerah Pilkada (Pilkada) 2024, belum final. Sikap politik Partai Golkar di Pilkada, tergantung hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Sultra, Muhammad Basri mengatakan, pihaknya tak keberatan dengan sikap DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna Barat yang memutuskan mengusung La Ode Darwin di Pilkada 2024. Namun, dia mengingatkan, pertarungan awal harus dimenangkan di kontestasi demokrasi mendatang ialah Pileg dan Pemilu Presiden (Pilpres).

Baca juga : Persija Vs Barito Putera, Fokus Lini Belakang

“Seluruh kader dan pengurus Partai Golkar di Provinsi Sultra, diarahkan untuk fokus pada Pileg dan Pilpres, termasuk di Muna Barat. Jadi, jangan lupa itu,” ujar Basri, menanggapi deklarasi calon kepala daerah yang dilakukan DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna Barat, Jumat (13/10).

Lebih lanjut, dia mengatakan, perolehan Partai Golkar di Pileg mendatang, akan menentukan langah partai di kontestasi demokrasi selanjutnya. Sebab, syarat mengusung calon kepala daerah, didasarkan pada raihan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Pileg 2024.

Baca juga : Datang ke Bandung Barat, Ganjar Disambut Ribuan Buruh

“Kalau kita tidak mampu menghasilkan kursi yang memenuhi syarat pencalonan kepala daerah, bagaimana kita mau mengusung dan memenangkan kader di Pilkada. Makanya, DPD Golkar Sultra mendorong selu­ruh kader dan pengurus fokus memenangkan Pileg 2024,” tegas Basri.

Dia mengakui, DPP Partai Golkar sempat mengintruksikan kepada seluruh DPD I dan DPD II untuk melakukan penjaringan calon kepala daerah. Namun, instruksi tersebut ditunda, kepastiannya akan dilakukan setelah Pileg 2024.

Baca juga : Soal Cawapres, Golkar Masih Jagokan Airlangga

“Saat ini, penjaringan belum dilakukan,” cetus dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.