Dark/Light Mode

Pilih Calon Pendamping Di Pilkada

Bakal Cabup Bogor Mau Ajak Akademisi

Kamis, 25 Januari 2024 07:40 WIB
Bakal Calon Bupati (Cabup) Bogor, Ade Ruhandi alias Jaro Ade. (Foto: Istimewa)
Bakal Calon Bupati (Cabup) Bogor, Ade Ruhandi alias Jaro Ade. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Bupati (Cabup) Bogor, Ade Ruhandi alias Jaro Ade, mengaku belum mengantongi nama yang akan mendampinginya di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Namun, politisi Partai Golkar ini memastikan, tidak akan asal pilih pendamping.

Jaro Ade mengatakan, pihaknya telah mengantongi sejum­lah kriteria bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bogor di Pilkada 2024 nanti. Di antaranya, ungkap dia, memiliki kesamaan visi misi, dan mempunyai daya ungkit elektabilitas untuk memenangkan Pilkada mendatang.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melibatkan para akademisi dalam proses pencarian tersebut. Sebab, kata Jaro Ade, para akademisi pasti memiliki metode analisis yang sistematis dan terukur, untuk menilai so­sok cawabup yang cocok untuk mendampinginya.

Baca juga : Cak Imin Tampil Prima Di Debat, Timnas AMIN: Bakal Dongkrak Elektabilitas

“Kami akan melibatkan para ak­ademisi, berdiskusi dan memintakonsep mereka, tentang sosok bakal calon yang tepat. Langkah ini akan menjadi awal keseriu­san kami dalam memenangkan koteatasi demokrasi, sekaligus mempercepat perbaikan di semua bidang,” ujarnya, di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024).

Lebih lanjut, Jaro Ade mengatakan, dirinya juga akan melibatkan partai-partai yang mengusungnya, yakni Partai Golkar dan PAN, dalam memilih sosok pendamping. Meski telah mendapat dukungan dari dua partai tersebut, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor ini masih membuka ruang bagi partai lain untuk bergabung.

Soal jumlah partai koalisi, sambung dia, hal tersebut baru akan terlihat lebih jelas pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. “Mungkin setelah Pilpres dan Pileg 2024, masih banyak partai yang mau bergabung dengan kami. Kami menghormati partai lain yang masih berkonsentrasi di Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) men­datang,” tandasnya.

Baca juga : Ruang Pintar Persempit Jurang Digital Bagi Anak Di Pelosok Indonesia

Diketahui, kursi kepala daerah di Kabupaten Bogor, selama ini dikuasai trah keluarga Yasin yang bergabung dengan PPP. Totalnya, PPP sudah tiga kali memenangkan kader di Pilkada Kabupaten Bogor.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Bogor, Junaidi Samsudin mengatakan, pihaknya bertekad kembali mendudukan kader sebagai Bupati Bogor periode 2024-2029. Sebab, urai dia, kader-kader terbaik PPP telah teruji dan terbukti dalam mem­bangun Kabupaten Bogor.

“(Periode) pertama dan kedua, ada Rahmat. Di periode ke­tiga, Ade Yasin. Jadi, kami akan kembali membuat sejarah di Kabupaten Bogor, menugaskan kader, untuk keempat kalinya,” ujar Junaidi, di Cibinong, Bogor, Jumat (20/11/2023).

Baca juga : SVLK Dorong Peningkatan Ekspor Produk Hasil Hutan

Namun begitu, lanjut dia, partainya belum memunculkan nama kader yang akan maju dalam kontestasi Pilkada menda­tang. “Kami mohon, masyarakat Kabupaten Bogor bersabar, karena kami masih fokus untuk memenagkan Pileg dan Pilpres 2024,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 25/1/2024 dengan judul Pilih Calon Pendamping Di Pilkada, Bakal Cabup Bogor Mau Ajak Akademisi     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.