Dark/Light Mode

Pilkada Jember

Kader PDIP Dibajak Gerindra

Minggu, 24 Maret 2024 07:20 WIB
Gus Fawait (kanan) dan Anang Hermansyah (kiri) diusung Partai Garuda di Pilkada Jember.
Gus Fawait (kanan) dan Anang Hermansyah (kiri) diusung Partai Garuda di Pilkada Jember.

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra akan menjalin komunikasi konkret dengan kader PDI Perjuangan, Anang Hermansyah, dalam pencalonannya sebagai calon Wakil Bupati (Cawabup) Jember. Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 14 Februari lalu, musisi kenamaan itu jadi calon anggota legislatif (caleg), namun gagal ke Senayan.

ADALAH Ketua DPC Partai Garuda Jember, Rio Chistiawan yang menghembuskan pengu­sungan Anang Hermansyah sebagai calon Wakil Bupati Jem­ber. Rio berencana menjodohkan kader partai berlambang Banteng itu dengan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur (Jatim), Muhammad Fawait atau Gus Fawait.

“Gus Fawait-Anang meru­pakan komposisi yang tepat untuk didukung dalam kontestasi Pilbup Jember. Kami optimis, kedua tokoh ini memiliki popu­laritas yang cukup tinggi di Kabupaten Jember,” kata Rio dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Rio mengatakan, pada pileg 14 Februari lalu, Gus Fawait mendapat suara yang fantastis pada kontestasi DPRD Jatim. Sementara Anang Hermansyah, kata dia, figur yang memiliki pengalaman sebagai anggota DPR.

“Kami tidak memiliki kapa­sitas untuk mengusung keduanya, tapi akan serius mengawal mereka,” ujarnya.

Rio sadar Partai Garuda tidak memiliki kursi di DPRD Jem­ber. Namun dia mengaku akan merayu partai politik lainnya yang mempunyai perwakilan di DPRD Jember untuk mendu­kung Gus Fawait-Anang yang merupakan putra daerah, untuk maju dalam Pilbup Jember.

Baca juga : Batam Meleset, Shenzen Melesat

Wakil Bendahara Umum (Wa­bendum) DPP Partai Gerindra, Bambang Haryadi menyambut baik wacana duet Gus Fawait-Anang. Bambang menilai Anang sebagai sosok yang kapable kapabel menjadi seorang pe­mimpin daerah.

“Apalagi dia juga merupakan putra dari daerah itu sendiri,” ujar Bambang dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Bambang mengenang rekam jejak Anang Hermansyah di kancah nasional. Anang meru­pakan anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) periode 2014-2019. Rekam jejak tersebut, kata dia, merupakan bukti kapabilitas Anang untuk memimpin.

“Partai Gerindra akan mem­bangun komunikasi yang lebih konkret bersama Anang ke de­pannya,” katanya.

Bagaimana tanggapan Anang Hermansyah? Dia menyampai­kan terima kasih kepada Ketua DPC Garuda dan beberapa kader atas amanah yang mengusung­nya maju di Pilbup Jember. Dia menilai deklarasi tersebut sebagai aspirasi masyarakat.

“Apapun Jember daerah ku dari lahir, terus besar sampai SMA di sana. Semua kesiapan itu nggak bisa dari satu sisi saja,” kata Anang.

Baca juga : KPK Minta NasDem Setor Lagi Rp 40 Juta

Dia mengaku belum ada ko­munikasi resmi dengan partai maupun Gus Fawait. Dia mengatakan, harus mendengar dari banyak pihak. Menjadi cawabup, kata dia, merupakan takdir dan urusan Tuhan.

“Ya doanya lah,” ujar suami Ashanty ini.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jember, Karimullah Dahruljiadi berencana mengu­sung kader sendiri sebagai cabup Jember. Hal ini untuk mewu­judkan tri sukses partai yaitu, Sukses Pileg, Sukses Pilpres dan Sukes Pilkada 2024.

“Dengan bertambahnya suara dan kursi, memberikan kami motivasi untuk mengambil peran strategis di Pilbup Jember,” ujar Karim dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Menurut Karim, hasil Pileg 2024, suara dan kursi Partai Golkar di DPRD Jember mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai 300 persen. Awalnya, Golkar hanya mendapatkan 2 kursi kini menjadi 6 kursi pada Pemilu 2024.

“Dengan enam anggota DPRD Jember, membuat kami punya daya tawar lebih di Pilkada 2024,” ujarnya.

Baca juga : Yang Mau Gugat Pemilu Ditunggu MK Hari Ini Sampai Jam 22.00

Paling tidak, kata Karim, Par­tai Golkar harus menadi pengu­sung dan tidak menjadi penonton dalam Pilbup Jember nanti. Karena itu, kata dia, selama ada kader terbaik dari internal Partai Golkar, maka akan mendorong kader sendiri.

“Partai Golkar juga tetap membuka kran komunikasi dengan lintas parpol, untuk menjaring beberapa kandidat cabup dan cawabup. Hasilnya akan kami serahkan kepada me­kanisme partai dan DPP Golkar,” pungkas Karim.

Pada Pileg 14 Februari 2024 lalu, Anang Hermansyah maju menjadi caleg dari PDI Perjuangan. Anang maju dari dae­rah pemilihan Jawa Barat V, Kabupaten Bogor. Hasil pe­milu, Anang hanya mendapatkan 39.086 suara kalah banyak dari caleg separtainya, Adian Na­pitupulu yang meraup 87.288 suara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.