Dark/Light Mode

PKS Bikin Poros Sendiri

Partai Gerindra Lirik Golkar Di Pilgub Banten

Senin, 25 Maret 2024 07:20 WIB
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024 tampaknya bakal tambah semarak. Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sama-sama percaya diri (pede) dapat mencalonkan kadernya masing-masing.

HASIL pemilihan legislatif (pileg) DPRD Provinsi Banten menempatkan empat partai poli­tik (parpol) meraup masing-masing 14 kursi. Yaitu, Partai Golkar, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan PKS.

Kemudian, disusul Partai Demokrat 11 kursi, PKB 10 kursi, Partai NasDem 10 kursi, PAN 7 kursi, PPP 4 kursi dan PSI 2 kursi.

Wakil Ketua Umum (Wake­tum) DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, hasil Pileg 2024 telah membuktikan dukungan masyarakat sangat tinggi kepada mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany. Dia mengatakan, DPP Partai Golkar tidak ragu untuk mendorong Airin maju di Pilgub Banten 2024.

“Bu Airin sejak awal, memang kami proyeksikan menjadi cagub di Banten. Apalagi, sekarang kami sudah sama-sama ketahui Bu Airin sukses menambah kursi Golkar di Banten III,” ujar Doli dalam keterangannya, Minggu (24/3/2024).

Diketahui, di Pileg DPR, Airin mendapat 302.878 suara. Perole­han itu membuat nama Airin berada di peringkat pertama caleg dengan suara tertinggi di Dapil Banten III, meliputi kawasan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Baca juga : Krisis Pangan Harus Dinyatakan

“Saya kira beliau ini cukup kuat untuk maju menjadi cagub di Banten nanti,” sambung Doli.

Dia menambahkan, DPP Par­tai Golkar sudah siap memaju­kan semua kader terbaiknya di Pilkada Serentak 2024. Sampai sekarang ini, kata dia, ada seki­tar 1.050 kader akan diuji di internal partai untuk mengikuti pertarungan cagub, cawalkot dan cabup.

“Kami sedang melakukan in­ventarisir kader-kader yang ingin maju dalam Pilkada serentak dan sekarang ini sedang masuk tahap evaluasi kedua. Semoga kader-kader terbaik kami bisa lolos sebagai pemenang di Pilkada 2024,” kata Ketua Komisi II DPR ini.

Sedangkan, Ketua DPW PKS Provinsi Banten, Gembong R Sumedi mengatakan, pada Pileg 2024 partainya berhasil mengamankan kursi pimpinan di DPRD Banten. Sebab, par­tainya berhasil meraih 13 kursi atau naik dari 11 kursi di DPRD Banten di Pemilu 2019.

“Alhamdulillah kita ada penambahan dua kursi yakni di daerah pemilihan (dapil) Ka­bupaten Serang dan Kabupaten Tangerang,” ujar Gembong.

Dengan raihan kursi itu, kata Gembong, pihaknya semakin optimistis untuk maju pada Pil­gub Banten. Dia sendiri mengaku sudah mendapatkan amanah dari DPW PKS Banten untuk maju sebagai Bacagub Banten 2024.

Baca juga : Urus Banjir Masih Memble

“Kalau Pilkada, semua par­tai harus optimis. Termasuk PKS, partai pemenang juga di Banten hanya beda satu kursi, gak signifikan bedanya. Jadi kita semangat,” katanya.

Gembong berencana dalam waktu dekat akan mulai membuka diskusi dengan partai poli­tik (parpol) lain untuk membuat koalisi dalam menghadapi Pil­gub Banten. Termasuk kemung­kinan koalisi dengan Partai NasDem dan PKB.

“Apakah nanti akan berkoalisi dengan partai dari koalisi perubahan apa tidak, berdasarkan pengalaman konstelasi politik pusat itu tidak berpengaruh ke Pilkada,” katanya.

Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni mengaku siap maju di Pilgub Banten. Asalkan, kata dia, pencalonan­nya didukung para kader dan pimpinan di DPP Gerindra.

“Saya telah memilih jalur poli­tik. Jadi selama itu masih dalam konstitusi politik saya siap,” ujar Andra dalam keterangannya, Minggu (24/3/2024).

Andra mengaku telah lama berkecimpung di dunia poli­tik dan Partai Gerindra. Se­hingga, kata dia, dia mengaku siap mengemban amanah dan perintah partai. Termasuk, kata dia, jika diperintah maju dalam kontestasi Pilgub Banten 2024.

Baca juga : Diserang Virus, Tim Garuda Tetap Pede

“Apalagi, kami berhasil memenangkan Ketum DPP Gerin­dra Prabowo Subianto menjadi pemenang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024,” ujarnya.

Dia mengatakan, keberhasilan Pilpres 2024 yang menjadi­kan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wa­pres terpilih, sangat mungkin dilanjutkan di tingkat daerah. Rekomendasi dari Ketua Umum DPP Partai Gerindra, kata dia, secara tidak langsung meru­pakan rekomendasi dari Presiden terpilih.

“Saya meyakini bahwa euforia kemenangan Prabowo ini akan berlanjut di Pilgub Banten,” kata Ketua DPRD Banten ini.

Ketua DPC Gerindra Kota Ci­legon, Banten Helldy Agustian justru menjodohkan Andra Soni-Airin Rahmi Diany merupakan pasangan yang ideal di Pilgub Banten 2024. Kata dia, kedua figur tersebut telah sama-sama berjuang untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres di Provinsi Banten.

“Makanya tadi ada istilah AA (Andra -Airin) tapi A-nya yang mana dulu ini,” kata Helldy dalam keterangannya, Minggu (24/3/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.