Dark/Light Mode

Disepakati Empat Parpol Di Pemilihan Gubernur Jatim

Khofifah Dan Emil Maju Lagi

Minggu, 19 Mei 2024 07:20 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah),bersama Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (pegang map) dan Emil Dardak memberi keterangan kepada wartawan usai pertemuan di Kediaman Airlangga Hartarto, Jakarta, Jumat (17/5/2024). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah),bersama Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (pegang map) dan Emil Dardak memberi keterangan kepada wartawan usai pertemuan di Kediaman Airlangga Hartarto, Jakarta, Jumat (17/5/2024). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat partai politik (parpol) sepakat mendukung duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak kembali untuk bertarung pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Pasangan petahana itu didukung Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, dan Partai Demokrat.

Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan, partainya sejak awal konsisten mendukung duet Khofifah-Emil dalam kontestasi Pilgub Jatim. Bahkan, dia men­gaku telah membuka komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang tergabung dalam koalisi pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terkait hal ini.

“Kami sudah komunikasi dengan KIM yang seluruhnya punya calon yang sama,” ujar Airlangga di Jakarta, Jumat (17/5/2024) malam.

Airlangga yakin, sokongan KIM untuk pasangan petahana itu cukup untuk maju di Pilgub Jatim pada November 2024. Koalisi KIM, kata dia, mempu­nyai 52 kursi (di DPRD Jatim).

“Jadi cukup. Tapi, kalau yang lain mau ikut boleh,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Baca juga : Warga Rawajati Girang Bisa Umrah Dan Beli Mobil Baru

Dia menilai, kepemimpinan Khofifah-Emil pada periode pertama memimpin Jatim telahter­bukti. Kata dia, pasangan Khofifah dan Emil bekerja samasangat baik, menurunkan kemiskinan ekstrim, dan sukses pada penanganan Covid-19. “Jadi, proven leadership untuk di Jatim akan terus kami usung,” imbuhnya.

Senada, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi membenarkan dukungankoalisi KIM untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024.

“PAN sendiri sudah sejak lama mendukung Bu Khofifah kembali maju di Pilgub Jatim,” ujar Viva dalam keterangannya, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Viva, PAN telah menyerahkan surat rekomendasimaju Pilgub Jatim kepada Khofifah sejak sebelum Pemilu 2024 atau tepatnya Desember 2023. Namun, saat itu PAN hanya memberi surat rekomendasi untuk Khofifah.

PAN, kata Viva, sudah yakin dengan duet Khofifah-Emil di Pilgub Jawa Timur. Sehingga, kata dia, membuka peluang PAN akan kembali memberikansurat reko­mendasi untuk keduanya nanti.

Baca juga : Keyakinan Pelatih ArseĀ­nal Mikel Arteta: The Hammers Bisa Jegal City

“(Khofifah) dengan Mas Emil dan PAN mendukung. Mereka pasangan ideal dan saling mengisi dan akan membawa manfaat buat masyarakat Jatim,” katanya.

Bagaimana tanggapan Khofifah Indar Parawansa? Dia mengapresiasi dukungan dari Partai Golkar dan KIM untuk Pilgub Jatim 2024.

Khofifah mengatakan, dukungan tersebut merupakan sebuah kepercayaan dan mandat yang sangat berharga untuk bisa melaksanakan proses pilkada se­baik-baiknya. Dia bertekad akan bekerja keras maksimal.

“Sehingga, saya dan Mas Emil Insya Allah akan menjalankan tu­gas dalam proses pemenangan,” kata Khofifah dalam keterangan­nya, Jumat (17/5/2024) malam.

Khofifah memastikan, pro­gram yang diusungnya akan sesuai dengan Partai Golkar. Kata dia, target pembangunan Golkar dengan pemerintahan Jatim akan beriringan jika di­rinya dan Emil terpilih kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Baca juga : Prabowo Mau Oposisi Yang Nggak Asbun

“Apalagi kalau Ibu Kota Negara (IKN) nanti pindah ke Kalimantan Timur, maka kami ingin menyampaikan de facto ibu kotanya sepertinya di Jatim,” ujarnya.

Khofifah yakin, peran Jatim akan menjadi lebih signifikan lagi bagi konstelasi pembangunan di Indonesia. “Jatim adalah center of gravity,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 19 Mei 2024 dengan judul Disepakati Empat Parpol Di Pemilihan Gubernur Jatim, Khofifah Dan Emil Maju Lagi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.