Dark/Light Mode

Bulutangkis Malaysia Masters 2024, Indonesia Nirgelar

Senin, 27 Mei 2024 06:30 WIB
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto: PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim bulutangkis Indonesia gagal membawa gelar di ajang bulutangkis Malaysia Masters 2024. Pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menjadi wakil satu-satunya di final harus puas di posisi runner-up.

Rinov/Pitha gagal meraih gelar setelah dikalahkan pasangan tuan rumah, Soon Huat Goh/ Shevon Jemie Lai dalam dua game langsung 18-21,19-21 pada babak final yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin.

Di laga tersebut, sejak game pertama, Rinov/Pitha tampak kesulitan melancarkan serangan pada pola pertahanan rapat yang ditunjukkan Soon/Shevon. Rinov/ Pitha baru tampil menekan me­masuki pertengahan game dengan mencatatkan lima poin beruntun untuk membalikkan kedudukan menjadi 9-7 dan unggul saat in­terval dengan skor 11-8.

Usai interval, pola permainan Rinov/Pitha mampu terbaca oleh pasangan Malaysia yang mencatatkan lima poin berturut-turut untuk mengubah kedudu­kan dengan unggul 19-15 dan menutup gim pertama dengan kemenangan 21-18.

Baca juga : Sahroni: Tanya Stafsus SYL

Di game kedua, Rinov/Pitha langsung tampil mendominasi dan unggul 7-4. Ganda Indone­sia itu mampu menjaga keung­gulan hingga menutup interval dengan skor 11-9. Usai interval Rinov/Pitha kehilangan kendali permainan dan kerap melaku­kan kesalahan yang mampu dimanfaatkan Soon/Shevon. Di penghujung gim Soon Huat Goh/Shevon Jamie Lai bermain cukup tenang untuk menutup pertandingan dengan kemenangan 21-19.

Seusai pertandingan, Rinov mengaku bersyukur bisa menca­pai babak final, meski hasil yang diraih belum maksimal. Namun menurut Rinov hasil di ajang ini akan menjadi modal penting bagi mereka untuk menatap Olimpiade Paris 2024.

“Bersyukur bisa mencapai final, itu tidak mudah. Hasil ini tentu bagus dan bisa untuk men­jadi modal ke turnamen beri­kutnya dan juga di Olimpiade Paris karena kami ingin puncak penampilannya di Olimpiade nanti,” ujar Rinov.

Sementara itu, Pitha mengungkapkan penyesalan karena kurang tampil maksimal sepanjang pertandingan dan performa tersebut mampu dimanfaatkan oleh lawan.

Baca juga : Curhat Bentol Digigit Nyamuk

“Soal permainan, baik di gim pertama maupun kedua, kami awalnya bisa unggul. Sayang setelah itu bisa terkejar lawan. Ini terjadi karena banyak kesalahan saya. Banyak kesalahan-kesalahan yang saya perbuat di lapangan,” ujar Pitha.

Rinov menganggap pebulu­tangkis ganda campuran Ma­laysia Soon Huat Goh sebagai lawan dekat. “Di luar lapangan, kami sangat akrab dengan lawan karena Goh itu sudah saya ang­gap sebagai om dari saya dan Tari. Saya sudah lama berteman dengan Goh,” ujar Rinov.

Pebulu tangkis berusia 24 tahun tersebut mengaku kerap diberi motivasi oleh Goh ke­tika mengalami fase penurunan performa di lapangan. Oleh sebab itu, Rinov menganggap pebulutangkis peraih gelar Swiss Open 2024 tersebut sebagai lawan dekat.

“Saat performa saya turun dulu, dia selalu membantu saya dengan mengirim pesan-pesan motivasi dan video motivasi. Jadi sampai sekarang Goh tetap menjadi lawan dekat. Kami berteman sangat akrab,” ujar Rinov.

Baca juga : Ribut-ribut Jatah Menteri Makin Heboh

Meski gagal mempersembah­kan gelar juara untuk Indonesia, Rinov mengatakan cukup puas dengan penampilannya selama di Malaysia Masters 2024 karena mampu melaju ke babak final. Usai mengikuti Malaysia Mas­ters 2024, Rinov akan pulang terlebih dahulu ke kampung halaman dan memeriksa cedera kaki kanan yang telah mender­anya selama turnamen sebelum mempersiapkan diri untuk tampil di Indonesia Open 2024.

“Setelah ini saya pulang untuk persiapan tampil ke Indonesia Open. Saya ingin mengecek cedera kaki kanan saya dulu. Bermasalah atau tidak. Cuma makin lama terasa makin sakit,” ujar Rinov.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 27 Mei 2024 dengan judul Bulutangkis Malaysia Masters 2024, Indonesia Nirgelar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.