Dark/Light Mode

Tak Direkomendasikan Kader

Anies Baswedan Mustahil Didukung Partai Gerindra

Kamis, 30 Mei 2024 07:25 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Teddy Octariawan Kroen/RM)
Anies Baswedan. (Foto: Teddy Octariawan Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra nyaris mustahil kembali mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilgub Jakarta 2024. Begitu pun dengan PDIP, dinilai mustahil mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Sejauh ini tidak ada aspi­rasi dari kader, akar rumput, maupun pengurus yang men­gusulkan Anies sebagai Cagub Jakarta. Jadi nyaris mustahil Gerindra akan usulkan Pak Anies,” ujar Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman, Rabu (29/5/2024).

Diketahui, Anies pernah di­usung Gerindra maju padaPilgub DKI Jakarta 2017 bersama Sandiaga Uno. Saat itu pasangan Anies-Sandi menangmela­wan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat pada putaran kedua.

Habiburokhman menutur­kan, mekanisme pengusungan calon kepala daerah dari Partai Gerindra, biasanya diawali denganadanya masukan dari kader. Kemudian, kata dia, dibahas oleh DPP Gerindra.

“Dan diputuskan oleh Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra, Pak Prabowo Subianto,” jelas Wakil Ketua Komisi III DPR ini.

Baca juga : Baleg Beri Sinyal Tunda Pembahasan

Namun, kata dia, sampai seka­rang ini tidak ada yang men­gusulkan nama Anies Baswedan sebagai cagub DKI Jakarta. Dia mengungkapkan, nama yang paling banyak muncul di akar rumput Gerindra saat ini adalah Budisatrio Djiwandono.

“Kalau di dapil saya Jaktim, banyak yang usulkan Budi Djiwandono, besar sekali dukungan untuk Mas Budi di seluruh penjuru Jaktim,” katanya.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, saat ini pihaknya masih menggodok bakal calon yang akan diusung di Pilgub DKI Jakarta. Dia mengatakan, pasanganyang diusung sedang kalkulasi potensi menangnya di DKI Jakarta.

“Kami akan mengusung pasanganyang terbaik. Pokoknya mantap aja,” tuturnya.

Dasco sebelumnya mengatakan,bursa bakal calon gubernur DKI Jakarta telah mengerucut pada dua nama kader internal.Kata dia, pada waktunya nanti,Partai Gerindra akan mengumumkan pasangan calon Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga : Anggaran Hingga 130,3 T Hadirkan Angkutan Logistik Murah

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Riza Patria mengusul­kan empat nama untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Keputusan tersebut merupakan hasil rapat bersama dengan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

“Akhirnya, kita usulkan dari DKI empat nama. Satu Mbak Sarah, kedua Budi, tiga Rani Maulani, empat saya Riza Patria,” lanjutnya.

Budi Djiwandono merupakan keponakan Prabowo yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Begitu dengan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, juga merupakan keponakan Prabowo Subianto dengan posisi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Idil Akbar menilai, kecil kemungkinan bagi Gerindra mengusung kem­bali Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Alasannya masih terkait dengan Pilpres lalu.

“Logika politik, sekarang ini agak susah Gerindra mengusung Anies karena agaknya Gerindra masih punya perasaan yang kurang nyaman ketika dulu Anies menjadi capres dan kemudian berlawanan secara politik dengan Prabowo,” katanya.

Baca juga : Carut Marut PPDB Jangan Terjadi Lagi

Menurut Idil, baik Gerindra dan juga Anies, memiliki hitung-hitungan tersendiri. Bahkan, menurut Idil, tidak hanya Gerindra yang sulit mengusung Anies Baswedan, tapi PDIP juga sulit untuk mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta.

“PDIP dan Anies berseberangan saat Pilpres. Ditambah lagi, seingat saya, PDIP punya kebijakan bahwa mereka yang ingin diusung itu harus masuk ke PDIP baru bisa diusung. Nah, ini yang menurut saya perlu dilihat pola kesulitannya,” pungkas Idil.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 30 Mei 2024 dengan judul Tak Direkomendasikan Kader, Anies Baswedan Mustahil Didukung Partai Gerindra

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.