Dark/Light Mode

TBRC: Elektabilitas Faida Teratas, Diunggulkan Di Pilkada Jember 2024

Selasa, 18 Juni 2024 12:32 WIB
Mantan Bupati Jember dr. Faida. (Foto: Ist)
Mantan Bupati Jember dr. Faida. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC) menggelar survei mengenai Calon Bupati Jember untuk Pilkada yang akan digelar November 2024. Dari hasil survei TBRC, terdapat tiga tokoh yang berpeluang maju karena memiliki elektoral mumpuni. Ketiga tokoh itu adalah Bupati Jember periode 2016-2021 Faida, anggota DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait, dan Bupati Jember incumbent Hendy Siswanto. 

Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo mengatakan, hasil survei menunjukkan Hendy Siswanto dan Faida sangat dikenal oleh masyarakat Jember.  Angka popularitas keduanya bersaing ketat. "Popularitas Faida 82,7 persen, Hendy Siswanto 78,7 persen, dan Muhammad Fawait 65,7 persen," kata Romeo, dalam keterangannya, Selasa (18/6/2024).

Untuk tokoh lain seperti Jaddin Wajads, Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadiknas) Achmad Sudiyono, kader PDI Perjuangan Hadi Supaat tingkat popularitas di bawah 40 persen. 

Tingkat akseptabilitas Faida oleh masyarakat Jember menjadi paling tinggi. Faida memperoleh tingkat keberterimaan mencapai 78,6 persen. "Hendy Siswanto hanya 48,7 persen kurang dari 50 persen, sedangkan mantan Bupati Jember Faida tingkat penerimaan masyarakat terhadap dirinya mencapai 78,6 persen," sebutnya. 

Baca juga : Papera Se-Jateng Minta Prabowo Usung Sudaryono Di Pilgub Jateng

Sementara Muhammad Fawait untuk tingkat penerimaan masyarakat mencapai 53 persen. "Kemudian tokoh lainya rata-rata tingkat penerimaannya oleh masyarakat Jember seperti Jaddin Wajads, Achmad Sudiyono, Hadi Supaat semuanya di bawah 50 persen," papar dia. 

Menurut Romeo, rendahnya tingkat penerimaan masyarakat Jember terhadap Hendy Siswanto dikarenakan masyarakat menilai kinerjanya belum maksimal selama memimpin Jember.

"Dalam uji simulasi dengan pertanyaan tertutup pada kuisioner siapa yang akan dipilih oleh masyarakat Jember antara Faida, Hendy dan Fawait, hasilnya Faida paling banyak dipilih hingga 43,7 persen, kedua Muhammad Fawait 21,6 persen, urutan ketiga Hendy Siswanto 19,1 persen, dan tidak memilih 15,6 persen," beber Romeo. 

Dari Hasil ini menunjukan masyarakat Jember menginginkan bupati yang memiliki rekam jejak bersih dan punya semangat kerja. "Masyarakat Jember mungkin menilai kepemimpinan Faida jauh lebih memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Jember, dibandingkan kepemimpinan Hendy Siswanto," ucapnya. 

Baca juga : Unggul Di Survei JJI, Elektabilitas Faida Di Pilkada Jember Makin Moncer

Survei TBRC dilakukan sejak 30 Mei hingga 10 Juni 2024 terhadap 1.660 responden yang tersebar secara proporsional di 22 kelurahan dan 180 desa di Kabupaten Jember. Pengambilan sampel didasarkan pada jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Jember pada Pemilu 2024, menggunakan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error ± 2,40 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengamat politik dari Institute for Digital Democracy (IDD), Bambang Arianto menilai bahwa unggulnya Faida karena masih diinginkan masyarakat untuk memimpin. Kata Bambang, Faida pernah memiliki bekal sebagai bupati Jember. "Sehingga Masyarakat Jember lebih memilih Faida menjadi Bupati di Pilkada 2024," nilai Bambang. 

Bambang menyebutkan, Faida sebagai salah satu sosok Perempuan yang maju di Pilkada Jember telah membuktikan kinerja selama menjabat sebagai Bupati Jember sebelumnya. Hal ini menjadi peluang Faidah menang di Pilkada Jember 2024.

Saat ini, lanjut dia, tinggal partai politik pendukung Faida untuk menggerakkan mesin politiknya dan melakukan pendekatan dengan masyarakat Jember. Melalui program kerja nyata dan pro masyarakat.

Baca juga : Demokrat Tegas Tak Usung Anies Di Pilkada Jakarta

“Tinggal partai politik pendukung Faida untuk menggerakkan mesin politiknya dan melakukan pendekatan dengan masyarakat Jember. Melalui program kerja nyata dan pro masyarakat,” tutupnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.