Dark/Light Mode

Nikson Unggul Di Survei TBRC, Isyarat Masyarakat Sumut Ingin Perubahan

Sabtu, 29 Juni 2024 17:40 WIB
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. (Foto: Ist)
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC) menggelar survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas dan popularitas para kandidat calon gubernur di Pilgub Sumatera Utara 2024. Sejumlah nama masuk dalam survei seperti Nikson Nababan, Bobby Nasution, Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah, dan Dedi Iskandar Batubara.

Hasilnya, Nikson Nababan memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dibanding kandidat lain. 

"Elektabilitas Nikson Nababan 26,8 persen, disusul Bobby Nasution 25,3 persen, Edy Rahmayadi 20,4 persen, Musa Rajekshah 8,9 persen, Dedi Iskandar Batubara 6,1 persen, dan tidak menjawab 12,5 persen," kata Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo, dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2024).

Baca juga : Hais Survei IDM, Warga Jember Ingin Faida Kembali Jadi Bupati

Dalam simulasi tiga nama, Nikson Nababan kembali di peringkat pertama dengan 32,2 persen, disusul Bobby Nasution 28,4 persen, dan Edy Rahmayadi 26,3 persen. 

Menurut Johanes, perilaku pemilih di Sumut cenderung berbasis primordial. Dia mencontohkan saat Pilkada Sumut di mana pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus menang di beberapa kabupaten yang mayoritas beragama kristen.

Sebaliknya pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah menang di kabupaten yang mayoritas beragama Islam. Jadi, apabila Pilgub ada tiga pasangan dengan komposisi Nikson Nababan, Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution, suara Islam akan terpecah dua antara Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution. Sedangkan suara Kristen akan solid ke Nikson Nababan. 

Baca juga : Unggul Di Survei LSI, Masyarakat Percaya Faida Mampu Urus Ekonomi Jember

"Apalagi jika Nikson Nababan bisa berpasangan dengan wakilnya dari pemeluk agama Islam nantinya akan bisa menambah kekuatannya," papar dia. 

Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Warjio menilai hasil survei tersebut mengejutkan. Kata dia, hasil survei ini harus menjadi perhatian terutama nama-nama populer seperti Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi. 

“Hasil survei ini bisa dibaca masyarakat Sumut ingin adanya perubahan,” kata Warjio.

Baca juga : Panasonic Dukung Jakarta International Marathon

Warjio mengungkapkan, elektabilitas Nikson yang tinggi ini harus didukung parpol. Agar Nikson punya modal untuk menang di Pilgub Sumut. 

Menurut dia, Nikson yang saat ini menjadi Bupati Tapanuli Utara punya modal pengalaman dan keberhasilan saat memimpin Tapanuli Utara selama dua periode. 

Adapun survei ini digelar pada 10-23 Juni 2024 di Provinsi Sumatera Utara menggunakan metodologi multistage random sampling. Responden yang diwawancarai tatap muka sebanyak 1.880 responden dengan margin of error survei 2,26 persen. Metode pengumpulan data berupa kuesioner. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.