Dark/Light Mode

Survei PSI Di Pilwalkot Cilegon: Helldy Agustian Berpeluang Menang

Selasa, 2 Juli 2024 20:47 WIB
Walikota Cilegon Helldy Agustian. (Foto: IG/@helldy_agustian)
Walikota Cilegon Helldy Agustian. (Foto: IG/@helldy_agustian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Panel Survei Indonesia (PSI) kembali menggelar survei terkait Pilkada Kota Cilegon, Banten. Hasil survei menunjukkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Walikota Cilegon Helldy Agustian mencapai 89,7 persen.

Direktur Eksekutif PSI Mahendra Zaini mengatakan, hasil survei menunjukkan elektabilitas Helldy Agustian paling tinggi dibanding calon lain. Dalam simulasi top of mind, elektabilitas Helldy Agustian berada di posisi pertama dengan 39,8 persen. Di urutan kedua Isro Mi'raj 17,1 persen, dan Ratu Ati Marliati 8,8 persen. Setelah itu Sanuji Pentamarta 7,2 persen, Alawi Mahmud 5,2 persen, Dede Rohana Putra 3,1 persen, Robinsar 2,2 persen, dan tidak memilih 16,6 persen.

Baca juga : Hasil Survei LSI: Calon Gubernur Jateng Belum Ada yang Nendang

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Helldy Agustian bertambah menjadi 53,7 persen. Sementara Isro Mi'raj 15,7 persen, dan Sanuji Pentamarta hanya di angka 8,9 persen. "Responden yang tidak memilih sebanyak 21,7 persen," ucapnya.

Dalam simulasi empat nama, elektabilitas Helldy tetap berada di posisi pertama dengan 56,8 persen. Di urutan kedua Isro Mi'raj 20,2 persen, Sanuji Pentamarta 10,2 persen, dan Dede Rohana Putra 2,7 persen, serta tidak memilih sebanyak 10,1 persen.

Baca juga : NasDem Usung Ponakan Paloh

Pengamat politik dari Citra Institute, Yusak Farchan, menilai tingginya elektabilitas Helldy Agustian sebagai hal yang wajar. Kata dia, Helldy adalah Calon Walikota petahana yang dikenal masyarakat Cilegon. "Karena itu elektabilitasnya tinggi," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Helldy rajin menyapa masyarakat Cilegon. Selain itu, Helldy mendapat dukungan dari parpol pemenang Pemilu 2024. "Ini menjadi modal untuk kembali terpilih sebagai Walikota Cilegon di Pilkada 2024," ungkapnya.

Baca juga : PKS Digoda KIM, Anies Berusaha Tenang

PSI menggelar survei pada tanggal 20-29 Juni 2024. Survei dilakukan dengan melakukan wawancara kepada 1.250 responden yang dipilih secara acak bertingkat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.