Dark/Light Mode

Jelang Pilbup Sleman dan Indramayu

Putra Amien Rais Mundur, Anak Dai Bachtiar Moncer

Sabtu, 4 Juli 2020 06:53 WIB
Mumtaz Rais dan Nina Agustina Dai Bachtiar (Foto: Istimewa)
Mumtaz Rais dan Nina Agustina Dai Bachtiar (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
LKPI melihat balon Bupati Indramayu, Nina Agustina Dai Bachtiar menempati urutan pertama dari sisi elektabilitas dengan 11,1 persen. Disusul Daniel Muttaqin Syaifudin (10,1 persen), Anwar Sanusi (7,2 persen), Taufik Hidayat dan Hilal Himawan (6,9 persen) serta Saefudin (5,2 persen).

"Sementara kandidat lain masih di bawah 5 persen dengan swing voters 37,8 persen,” kata Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono, kemarin.

Baca juga : Survei Pilkada Indramayu, Nina Bachtiar Unggul

Tapi, lanjut Arifin, persaingan tiga kandidat, (Nina Agustin, Daniel Muttaqin dan Anwar Sanusi) semakin meninggalkan kandidat lain. “Selisih elektabilitas antara tiga kandidat itu sangat tipis, yaitu tiga persen. Sehingga memungkinkan untuk saling salip di antara ketiga kandidat itu,” tuturnya.

Di segmen pemilih berdasarkan usia, putri mantan Kapolri Dai Bachtiar ini relatif unggul dibandingkan kandidat lainnya, walau dengan selisih tipis. “Sedangkan dalam katagori usia pemilih 50 tahun ke atas Daniel Muttaqin memimpin dengan perolehan suara di atas 9 persen,” ujarnya.

Baca juga : Jepang Dan AS Minta Industrinya Angkat Kaki Dari China, RI Siap Tampung

Pemilih militan (strong supporter) terbanyak berada di Nina Agustin (10,45 persen) dengan soft supporter (48,73 persen). Lalu Daniel Muttaqin Syaifudin (9,18 persen) dan Anwar Sanusi (5,82 persen).

"Dari hasil survei ini, Daniel Muttaqin Syaifudin akan jadi pesaing ketat Nina Agustin. Mengingat soft supporter (pemilih belum menentukan sikap) masih sangat tinggi. Soft supporter bisa jadi bola liar karena sulit memprediksi arah pergerakannya,” jelasnya.

Baca juga : Partai Matahari Bergolak

Dari data, persaingan Calon Bupati Indramayu ini akan berlangsung ketat jika terdapat dua atau tiga kandidat. Golkar sebagai sumber suara Daniel Muttaqin pun dinilai masih terpecah. “Sedangkan basis suara dukungan Nina Agustina sangat kuat dari arus bawah, mereka ingin perubahan atas situasi politik di Indramayu,” tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.