Dark/Light Mode

Hasil Konvensi Kelar

PSI Andalin Mantan Wartawan di Pilkada Surabaya

Senin, 13 Juli 2020 09:02 WIB
Tiga kader PSI membentangkan bendera partai mereka (Foto: Istimewa)
Tiga kader PSI membentangkan bendera partai mereka (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memutuskan Andy Budiman sebagai pemenang Konvensi Pemilihan Wali Kota atau Pilwali Surabaya 2020. Dia dinyatakan memiliki skor tertinggi. 

“Penilaian para juri dalam seleksi wawancara menghasilkan Bro Andy Budiman sebagai peraih skor tertinggi. Karena itu DPP PSI menetapkan dia sebagai pemenang,” ujar Ketua Konvensi Pilkada PSI, Isyana Bagoes Oka, dalam keterangannya, kemarin. 

Baca juga : AS Ingatkan Warganya di China Agar Ekstra Waspada

Disebutkan Isyana, Andy total meraih skor 65,67. Sementara, Firmansyah Ali meraih 65,5, Dwi Astutik meraih skor 54, Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans meraih skor 53,6, Sally Azaria meraih skor 53, dan Budi Santoso meraih skor 52,8. 

Terkait latar belakang, Isyana menyebutkan bahwa Andy merupakan kader PSI dan mempunyai pengalaman selama belasan tahun menjadi jurnalis. Terakhir dia bertugas di Bonn sebagai redaktur Deutsche Welle, kantor berita publik Jerman. Di tahun 2019, Andy menjadi caleg PSI untuk DPR dari dapil Jawa Timur 1 (Surabaya dan Sidoarjo) dalam Pileg 2019. Namun gagal. 

Baca juga : Menteri Erick Angkat Fatah Setiawan Jadi Dirut Perindo

Isyana menegaskan bahwa hasil konvensi ini sudah bulat. Pasalnya PSI meniadakan tahapan survei dan sepenuhnya menggunakan skor wawancara para juri karena saat ini masih pandemi Covid 19. “Hal paling utama adalah kesehatan dan keselamatan warga Surabaya. Kami tidak ingin mengambil risiko terkait penyebaran virus saat survei dilakukan,” ujar tandasnya. 

Ketua DPD PSI Surabaya, Josiah Michel menambahkan, Andy dan peserta lainnya telah diuji oleh para penguji yang berkompeten. Di antaranya, Mari E. Pangestu (Direktur Pelaksana Bank Dunia), Hamdi Muluk (Guru Besar Psikologi UI), Djayadi Hanan (Direktur Eksekutif LSI), Iman Usman (pendiri Ruang Guru), Philips J. Vermonte (Direktur Eksekutif CSIS), Sirojudin Abbas (Direktur Eksekutif SMRC), dan Bibit Samad Rianto (mantan Komisioner KPK). Sedangkan panelis dari internal PSI adalah Ketua Umum DPP PSI, Grace Natalie dan Sekjen DPP PSI, Raja Juli Antoni. 

Baca juga : Partai Nasdem Bidik Enam Pilkada di Jabar

“Dengan pengumuman pemenang ini, proses konvensi untuk Surabaya selesai. Kami berharap transparansi yang telah dirintis PSI dalam konvensi ini mampu memunculkan pemimpin berkualitas dan mau bekerja keras untuk rakyat,” tandasnya. 

PSI saat ini satu-satunya partai yang menjaring kepala daerah melalui konvensi di Indonesia. Ketua Umum PSI Grace Natalie pada pertengahan tahun lalu mengatakan, siapapun boleh mengikuti konvensi ini. “Bagi mereka yang dinyatakan lolos dalam konvensi ini akan mendapatkan dukungan resmi PSI tanpa harus membayar satu rupiah pun,” urainya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.