Dark/Light Mode

Anggaran Pilkada 2020 di 173 Daerah, Sudah Cair 100 Persen

Sabtu, 18 Juli 2020 12:30 WIB
Anggaran Pilkada 2020 di 173 Daerah, Sudah Cair 100 Persen

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di 173 daerah, sudah cair 100 persen.

"Sampai Jumat (17/7) sore, pencairan anggaran di 173 daerah sudah mencapai 100 persen. Mudah-mudahan, daerah yang anggarannya belum seluruhnya cair, bisa segera terealisasikan," kata Arief di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/7).

Baca juga : Jelang Pilkada, Kepala Daerah Jangan Poles Citra dengan Dana Penanganan Corona

Tahun ini, ada 270 kabupaten dan kota yang akan melaksanakan hajat politik Pilkada 2020. Berarti, masih ada 97 daerah anggarannya belum cair 100 persen.

"KPU sudah mengusulkan untuk memenuhi anggaran tersebut dari APBN. Tapi, apabila pemerintah daerah bisa memenuhi anggaran pilkada, maka anggaran dari APBN tak perlu lagi," papar Arief.

Baca juga : Golkar Tangerang Diminta Ikut Bantu Golkar Tangsel

"Ini nanti yang akan kami cek. Apakah seluruh kebutuhan sudah bisa dipenuhi oleh APBD," katanya.

Arief juga meminta KPUD yang akan menggelar Pilkada 2020, agar terus menjaga komunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat. Supaya, apabila ada kebutuhan peralatan yang terkait dengan alat pelindung diri, dapat dikoordinasikan dengan Gugus Tugas atau Dinas Kesehatan setempat. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.