Dark/Light Mode

Dicibir Tarung di Pilkada Karena Dinasti Politik

Putra Pramono Maju Terus Pantang Mundur

Senin, 27 Juli 2020 06:59 WIB
Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono (Foto: Instagram/dhitopramono)
Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono (Foto: Instagram/dhitopramono)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, PDI Perjuangan secara resmi mengusung putra Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana sebagai calon Bupati Kediri 2020. Dhito juga akan didukung PKB, PAN dan Nasdem. Pada Pemilu 2019, PDIP mendapat suara terbanyak di Kabupaten Kediri. Banteng meraup 15 kursi dan PKB 9 kursi di DPRD Kabupaten Kediri. Menurut Ketua DPP PDIP Puan Maharani, kedua partai sudah cukup mengusung pasangan calon sendiri dalam Pilkada Kediri 2020. 

Pramono merupakan salah satu politik senior PDIP. Ia pernah menjabat Sekjen PDIP. Kini, Pramono dipercaya Jokowi sebagai Sekretaris Kabinet. Dhito mengaku, sedang melakukan lobi politik dengan partai lain selain PDIP, PAN, PKB dan Nasdem. “Kita sekarang sedang membangun komunikasi dengan Partai Golkar,” kata Dhito usai menerima rekomendasi resmi dari PDIP di kantor DPD PDIP Jawa Timur di Surabaya. 

Baca juga : Jelang Pilkada, Kepala Daerah Jangan Poles Citra dengan Dana Penanganan Corona

Modal dukungan 4 partai, aku Dhito, sudah cukup mendaftar ke KPU. Ini karena di Kediri, PDIP sudah memiliki 15 kursi. “Mudah-mudahan nanti ada partai lagi bergabung,” ujar dia. 

Selain mengusung putra Pramono, PDIP mencalonkan putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo. Gibran akan berpasangan dengan Teguh Prakosa. PDIP telah mengumumkan nama calon kepala daerah di Pilkada 2020. Pengumuman itu merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya mengumumkan 45 pasangan calon pada 19 Februari lalu. 

Baca juga : DPD Minta Menteri Syahrul Fokus Saja Ngurusin Pangan

Putra penyanyi Dangdut A Rafiq, yakni Fadia A Rafiq juga diusung PDIP menjadi Bupati Pekalongan. Fadia merupakan mantan Wakil Bupati Pekalongan. Dia akan dipasangkan dengan Riswadi pada pilkada tahun ini. PDIP 

juga memberikan rekomendasi kepada lima pasangan calon di Jatim. Adalah Raharto Teno Prasetyo-Mohammad Hasjim Asjari (Pilkada Kota Pasuruan), Paslon Santoso-Jutjuk Sunario (Pilkada Kota Blitar), dan M Nur Arifin-Syah Muhammad Natanegara (Pilkada Trenggalek). Rekomendasi juga diberikan kepada Rijanto-Marhaenis (Pilkada Blitar), dan Pungkasiadi-Titik Mas’udah (Pilkada Mojokerto). [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.