Dark/Light Mode

Tok! PKB Akhirnya Dukung Fakhrizal-Genius Umar Di Pilgub Sumbar

Jumat, 4 September 2020 07:47 WIB
PKB menetapkan dukungan kepada Fakhrizal dan Genius Umar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) pada Pilkada 2020.  (Istimewa)
PKB menetapkan dukungan kepada Fakhrizal dan Genius Umar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) pada Pilkada 2020. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menetapkan dukungan kepada Inspektur Jenderal Drs. Fakhrizal dan Genius Umar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) pada Pilkada Serentak 2020.

Rekomendasi yang ditandatangi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ini melengkapi dukungan dari Partai Golkar dan Partai Nasdem yang sebelumnya sudah mendukung pasangan tersebut.

“Alhamdulillah akhirnya lengkap syarat dukungan partai bagi saya dan Genius Umar untuk maju dalam Pilkada Sumatera Barat 2020-2024,” kata Fakhrizal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/9).

Menurut mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat ini, kepercayaan tiga partai pengusung, yakni Golkar, Nasdem dan PKB akan diembannya dengan baik dan dengan semangat tinggi.

Baca juga : Tok, PDIP Usung Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Surabaya

Menurut Fakhrizal, amanah yang besar ini sangat akan menjadi pemicu untuk berjuang sekuat tenaga memenangkan Pilkada Sumatera Barat.

“Pak Airlangga Hartarto, Pak Surya Paloh dan Pak Muhaimin Iskandar memberi amanat agar kami berjuang sepenuh tenaga. Ini amanah sekaligus tugas, yang akan kami laksanakan dengan baik,” ujar alumni Akpol 1986 kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini.

Sebelumnya, Fakhrizal yang berpasangan dengan Wali Kota Pariaman Genius Umar mendapat dukungan dari Partai Nasdem. Surat dukungan NasDem itu tertuang dalam surat bernomor 272-Kpts/DPP-NasDem/VIII/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat dari Partai NasDem.

Surat bertanggal 31 Agustus 2020 itu diteken oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G. Plate. Adapun rekomendasi dari Golkar diterima lebih dulu.

Baca juga : Sah! Partai Golkar Usung Petahana Di Pilkada Kabupaten Karawang

Surat rekomendasi Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar tentang Pengesahan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2020-2024 yang diteken Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewidjk F. Paulus tertanggal 19 Agustus 2020.

Apalagi Golkar sudah menyerhkan B.1 KWK kepada Fakhrizal sebagai syarat pendafaran ke KPU Sumbar yang akan dibuka pada tanggal 4-6 September 2020.

Dengan lengkapnya dukungan tiga partai pengusung seperti menjawab permintaan banyak kalangan dan tokoh masyarakat Ranah Minang yang sudah lama menyampaikan harapan agar Fakhrizal kembali ke kampung, menjadi kepala daerah.

Ketika masih menjabat sebagai Kapolda Sumbar, silih berganti dukungan dari ninik mamak, ulama dan tokoh masyarakat yang memintanya maju sebagai calon gubernur.

Baca juga : Gelora Dukung Nasrul Abit-Indra Catri Di Pilgub Sumbar

Oktober 2019 lalu organisasi yang menamakan diri Forum Sumbar Bersatu (FSB) terdiri atas ulama dan tokoh di daerah itu berharap Fakhrizal bisa maju sebagai calon gubernur pada Pilkada 2020.

Ketua FSB, Mahyusil Rahmat menyatakan pihaknya memberi dukungan dengan membuat baliho atau papan reklame Irjen Pol Fakhrizal di seluruh kota dan kabupaten di Sumbar serta akan all out dalam memenangkan pasangan Fakhrizal-Genius Umar pada Pilkada Sumbar 2020.

“Alhamdulillah, doa para ulama, tokoh masyarakat, ninik mamak, dan kaum cerdik padai di kampung terpenuhi. Saya akan berjuang habis-habisan memenuhi harapan mereka,” katanya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.