Dark/Light Mode

Tok, PDIP Usung Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Surabaya

Rabu, 2 September 2020 14:58 WIB
Ketua DPP Bidang Politik PDIP Puan Maharani (Foto: Istimewa)
Ketua DPP Bidang Politik PDIP Puan Maharani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki siapa calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, yang akan diusung PDIP di Pilkada tahun ini, akhirnya terjawab.

Partai berlambang banteng ini mengusung paket Eri Cahyadi-Armuji  untuk bertarung dalam kompetisi elektoral di Kota Pahlawan.

Pengumuman rekomendasi calon Walikota dan wakil walikota Surabaya dari PDI Perjuangan dibacakan oleh Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan Puan Maharani dalam acara Pengumuman Gelombang V Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan, yang disiarkan secara virtual, Rabu (2/9). 

Baca juga : Hasto: PDIP Sangat Hati-hati Umumkan Nama Untuk Pilkada Surabaya

Acara disaksikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Perjuangan, Ketua DPP Bidang Hukum dan HAM Yasona Laoly dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

 "Atas izin Ketua Umum, surat rekomendasi saya buka. Bismillah semua. Baru saya buka ini rekomendasinya. Rekomendasi Kota Surabya diberikan kepada Eri Cahyadi-Armuji sebagai calon walikota dan wakil walikota Surabaya,”ujar Puan.

Untuk diketahui, sebelumnya ada 19 orang yang mendaftar ke PDIP Jawa Timur, untuk maju sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di Pilkada 2020.

Baca juga : Golkar Akui 95 Persen Usung Kader Internal Di Pilkada 2020

Ke-19 nama pendaftar tersebut yakni, Dyah Katarina (anggota DPRD Surabaya), Armuji (anggota DPRD Jatim), Anugerah Ariyadi (mantan anggota DPRD Surabaya), Mega Djadja Agustjandra (pengusaha), Sutjipto Joe Angga (pengusaha), dan Chrisman Hadi (seniman).

Selanjutnya, Sri Setyo Pertiwi (pengusaha), Laksda TNI (Purn) Untung Suropati, Fandi Utomo (mantan anggota DPR RI), Warsito (mantan anggota DPRD Surabaya), Gunawan (pengusaha), Dwi Astutik (Muslimat NU), Haries Purwoko (pengusaha), Lia Istifhama (fatayat NU), Achmad Wahyuddin (pengusaha), Whisnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Ony Setiawan (aktivis), Edy Tarmidy (politisi PDI-P), dan Ahmad Nawardi (anggota DPD).

Setelah rekomendasi tersebut dibacakan, Puan meminta seluruh DPC Kota Surabaya dan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, untuk segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka memenangkan Pilkada Kota Surabaya.

Baca juga : Puan Hanya Tunjukkan Amplop, PDIP Batal Umumkan Calon di Pilkada Surabaya

Pasangan Eri Cahyadi-Armuji nantinya akan bertarung dengan Machud Arifin selaku bakal Calon Wali Kota Surabaya yang diusung oleh koalisi gemuk Golkar, PKB, PKS, PAN, Gerindra, PPP, Demokrat, dan Nasdem.

Machfud memilih mantan Direktur Utama PDAM Surabaya, Mujiaman, sebagai bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya untuk mendanpinginya dalam kontestasi tersebut.

Nama Mujiaman, dipilih melalui proses pembahasan panjang, dan sudah melalui konsultasi dengan berbagai pihak serta 8 partai politik pendukung Machfud. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.