Dark/Light Mode

Gibran Sungkem ke Habib Luthfi

Selasa, 8 September 2020 14:01 WIB
Gibran Rakabuming Raka saat sungkem ke Habib Luthfi (Foto: gesuri.id)
Gibran Rakabuming Raka saat sungkem ke Habib Luthfi (Foto: gesuri.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menunjukkan rasa hormatnya ke ulama. Putra sulung Presiden Jokowi ini sumkem ke ulama Muhammad Luthfi bin Yahya atau dikenal Habib Luthfi, di acara Silaturahmi Kebinekaan dan Doa Bersama, di Benteng Vastenburg, Solo, Senin (7/9).

Gibran, yang mengenakan kemeja putih dengan celana hitam, datang agak terlambat ke acara. Begitu tiba, dia langsung diarahkan naik ke podium lebih duhulu sungkem ke Habib Luthfi.

Baca juga : Begini Cara Kemendagri Dukung Ekosistem Mobil Listrik

Habib Luthfi tampak menyambut salam dari Gibran. Saat itu, Habib Luthfi juga terlihat memberi nasihat ke Gibran.

Menurut Gibran, sebagai anak muda, dirinya harus ada tata krama terhadap seorang Habib. "Namanya anak muda harus ada ungah-ungguh, apalagi beliau ini habib," kata Gibran usai acara, seperti dikutip gesuri.id, Selasa (8/9).

Baca juga : Gegara Corona, El Real Ngungsi ke Stadion Mini

Gibran mengaku terngiang dengan sambutan Habib Luthfi yang menyinggung soal kebanggaan menggunakan produk buatan Indonesia. Termasuk, istilah menyebut nama-nama barang dari luar negeri yang terkenal seperti Lele Bangkok, hingga Duren Bangkok. Padahal, kekayaan produk asli Indonesia tidak kalah dengan luar negeri.

"Kami terapkan saja produk lokal di Solo. Kalau di Solo harus bangga pakai batik. Saya mendaftarkan diri sebagai calon ke KPU dengan memakai kemeja lurik. Hal-hal kecil seperti itu, tetapi ada efeknya," ucap Gibran.

Baca juga : Pemain Arsenal Sudah Nggak Sabar Latihan

Mengenai acara, Gibran berharap dapat membawa ketenangan dan kedamaian di Kota Solo, sekaligus sebagai simbol kebangkitan melawan pandemi Covid-19. “Saya berharap semoga Indonesia, terutama di Solo, tetap adem ayem, juga jadi momen kebangkitan melawan pandemi Covid-19," tegas Gibran.

Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dan sejumlah bupati di Soloraya serta tokoh masyarakat/agama. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.