Dark/Light Mode

Instruksi Calon Demokrat Jelang Pilkada

AHY Ingin Menang, Tapi Rakyat Tetap Selamat

Senin, 28 September 2020 06:35 WIB
Sekretaris Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani. (Istimewa)
Sekretaris Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan meningkatkan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Caranya, membentuk Satgas Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, ditugaskan sebagai Kepala Satgas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan pada Pilkada Serentak 2020.

Penugasan Ketua DPD Golkar NTT ini, dituangkan melalui SKEP 365. Menurut Melki, satgas ini untuk memastikan kampanye paslon kepala daerah usungan sendiri atau bersama parpol lainnya dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Baca juga : Ini Saran Mourinho Jika Alli Ingin Terus Main di Spurs

Golkar memastikan, dengan pola kampanye dimodifikasi secara kreatif dan inovatif oleh paslon dan tim sukses, kekhawatiran banyak orang bahwa pilkada jadi kluster baru penyebaran Corona justru hilang.

“Pilkada harus dijadikan sebagai media mendisiplinkan warga untuk patuh dan taat menjalankan protokol kesehatan secara disiplin,” kata Melki.

Diungkapkan, materi kampanye kesehatan bermuatan promotif preventif menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat jadi kampanye penting selain materi pembangunan ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan materi lainnya.

Baca juga : Golkar Pede, Pilkada di Tengah Pandemi Tetap Berjalan Baik

Ini bisa disampaikan kepada pemilih, sehingga tetap sehat. “Cara dan pola kampanye juga dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Sesuai aturan KPUD dan Bawaslu daerah setempat. Juga panduan protokol kesehatan oleh tim penanganan Covid-19, serta dinas kesehatan setempat,” ujarnya.

Satgas Golkar ini berasal dari Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia khususnya 270 daerah menggelar Pilkada 2020.

Baca juga : Kalau Pemerintah Ogah Tunda Pilkada, Pangkas Tahapannya

Satgas akan bekerja sama dan berkoordinasi sesuai tingkatan dengan KPUD, Bawaslu dan aparat hukum setempat.

“Satgas segera bekerja setelah dibentuk di seluruh Indonesia. Yaitu menyusun panduan kampanye sesuai protokol kesehatan. Termasuk membagi masker gratis, dan berbagai kegiatan lainnya, demi membantu masyarakat menjalankan protokol kesehatan dengan baik,” tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.