Dark/Light Mode

Survei Charta Politika: Joune Ganda Paling Perhatian Pada Rakyat

Kamis, 22 Oktober 2020 11:05 WIB
Pasangan Cabub-Cawabub Minahasa Utara Joune JE Ganda-Kevin W. Lotulung. (Foto: ist)
Pasangan Cabub-Cawabub Minahasa Utara Joune JE Ganda-Kevin W. Lotulung. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Bupati Minahasa Utara, yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2020, Joune JE Ganda diniai menjadi kandidat yang paling memiliki perhatian kepada rakyat. 

Hal itu terekam dalam pemaparan hasil survei “Preferensi Politik Masyarakat Kabupaten Minahasa Utara Menjelang Pilkada Serentak 2020” yang disampaikan Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Kamis (22/10).

Baca juga : Banyak Prestasinya, TNI Paling Dipercaya Rakyat

Selain mengukur elektabilitas pasangan cabup dan cawabup Minut, survei Charta Politika juga menyoroti penilaian publik terhadap kandidat cabup yang berlaga. “Joune JE Ganda dinilai sebagai cabup Minut paling mapan secara ekonomi, paling perhatian pada rakyat dan paling pintar. Sementara Sompie SF Singal sedikit berada di atas Joune JE Ganda, dinilai sebagai cabup paling religius,” kata Yunarto.

Dalam survei ini, Joune JE Ganda-Kevin W. Lotulung berada pada pilihan tertinggi saat ini dengan elektabilitas 46,0 persen. Diikuti berikutnya oleh pasangan Sompie SF Singal-Joppi Lengkong dengan elektabilitas 24,2 persen dan Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantow, dengan elektabilitas 18,2 persen.

Baca juga : Kowani Soroti Masih Rendahnya Partisipasi Perempuan Di Pilkada

Menurut Toto, sapaan akrab Yunarto, lembaga surveinya menunjukkan tingkat kemantapan pilihan masyarakat sudah cukup tinggi. “Temuan survei ini memperlihatkan warga yang menyatakan pilihannya sudah mantap sebesar 68,7 persen,” kata Yunarto.

Survei Charta Politika Inonesia dilakukan pada 9-14 Oktober 2020, dengan melibatkan 600 responden yang diwawancara secara tatap muka. Surveinya dilakukan melalui metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error diperkirakan kurang lebih 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.