Dark/Light Mode

Bentuk Relawan Caping, Sunaryanta Siap Pimpin Gunungkidul

Kamis, 22 Oktober 2020 17:00 WIB
Calon Bupati Gunungkidul,, Sunaryanta
Calon Bupati Gunungkidul,, Sunaryanta

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul, Sunaryanta-Heri Susanto yang diusung Partai Golkar dan PKB melepas puluhan relawan yang menamakan ‘Pasukan Caping di desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Jogyakarta pada, Kamis (21/10).

Relawan khusus ini disebut 'pasukan caping' karena mereka dibekali dengan atribut yang khas. 

Selain berseragam kaos warna kuning bertuliskan 'Gunung Kidul Membangun’ juga memakai topi caping yang biasa dipakai para petani saat pergi berladang.

Relawan ini dibagi beberapa kelompok, yang setiap kelompoknya berjumlah 11 orang.Mereka diberi tugas untuk berkeliling menyapa warga, antara lain, dengan cara menyalami siapa saja yang ditemuinya dari rumah ke rumah, sambil meminta izin untuk menempel stiker di rumah tersebut.

Dalam pelepasan tersebut, Sunaryanta berpesan kepada seluruh relawan untuk selalu menjaga etika dan sopan santun dalam menyapa rakyat. 

Baca juga : Demi Menangkan Cawalkot, Politisi Senayan Turun Gunung Ke Pasuruan

"Saya mohon relawan menjaga etika dan kesantunan. Sapa rakyat dengan santun, senyum dan tulus. Jangan menampilkan sikap yang terkesan sombong dan arogan. Salam Hormat saya kepada seluruh warga yang ditemui," kata Sunaryanta dalam keterangan tertulisnya

Menurut Sunaryanta yang akrab dipanggil Pak Mayor ini, pesan itu penting disampaikan karena para relawan itu merupakan duta-duta perwakilan dirinya yang akan ikut menentukan, baik buruk persepsi publik tentang calon dan pasangannya. 

"Intinya, jangan sakiti rakyat dan jangan bikin rakyat tersinggung dengan sikap-sikap tidak terpuji," tegasnya. 

Terkait kemasan program sosialisasi dengan cara seperti itu, Sunaryanta berharap, selain memberi manfaat kemudahan rakyat dalam memandu siapa calon yang harus dipilih, yaitu pasangan nomor urut 4,  juga membantu sosialisasi pengetahuan publik tentang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Gunungkidul pada, 9 Desember nanti, yang menurut data survei, masih banyak warga yang belum tahu.

Merespon permintaan Sunaryanta, para relawan pun menyambutnya dengan teriakan ‘Siapppp’. Suasana terasa lebih heroik saat perwakilan relawan, Eko mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama menyanyikan lagu wajib nasional, Padamu Negeri. 

Baca juga : Kementan Yakini Pisang Mas Kirana Gunungkidul Bisa Tembus Ekspor

"Ayo kawan-kawan, agar kita lebih semangat, dalam mengantar kemenangan pasangan "Gunung Kidul Membangun" nomor urut 4 ini, mari kita sama-sama menyanyikan lagu wajib, Padamu Negeri," serunya.

Mendengar semangat para relawan menyanyikan lagu wajib nasional itu, warga sekitar yang ikut hadir berkerumun di lokasi acara pun ikut hanyut  menyanyikan lagu yang sama.  

“Insya Allah, dengan mengucapkan Bismillahirrohmannirrohim, kami relawan pasukan caping siap menyapa rakyat dengan sebaik-baiknya untuk mengantar kemenangan pasangan Sunaryanta-Heri Susanto. Kami warga Gunung Kidul sudah rindu ingin perubahan,” tegas Eko.

Dalam penilaian dia, Sunaryanta adalah sosok calon pemimpin muda yang santun tapi tegas,  bersih, peduli, merakyat, dan yang tak kalah penting adalah beliau juga punya kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin.

Begitu juga dengan calon wakilnya, Pak Heri Susanto, yang juga sama-sama masih muda, tapi punya kompetensi karena pengalaman  di birokrasi yang cukup lama. 

Baca juga : Bangun Perumahan Di Bogor, Summarecon Investasi Rp 20 Triliun

"Yang pasti, ini pasangan ideal yang bisa saling mengisi. Dan model calon pemimpin yang seperti ini yang sangat dibutuhkan rakyat Gunung Kidul," tegas Eko. [FIK]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.