Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Ada Perbaikan Perilaku Paslon Pilkada 2020 Terhadap Prokes

Rabu, 28 Oktober 2020 21:36 WIB
Anggota Dewan Pengawas Perludem Titi Anggraini (Foto: Istimewa)
Anggota Dewan Pengawas Perludem Titi Anggraini (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Dewan Pengawas Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menerangan, sudah mulai ada perbaikan perilaku pasangan calon (paslon) dalam menjalankan tahapan Pilkada 2020 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dia melihat, kritis publik dan pengawasan yang intensif terhadap kepatuhan pasangan calon atas penerapan prokes menekan pelanggaran. 

Dengan kritikan itu, para pelanggar secara otomatis berbenah diri. "Makanya, mulai ada perbaikan perilaku calon terkait disiplin pada protokol kesehatan," kata Titi, Rabu (28/10).

Baca juga : Pemuda Harus Mampu Beradaptasi Dan Berinovasi Terhadap Perkembangan Zaman

Meski begitu, Titi meminta pengawas dan penegak hukum tidak lengah. Sebab, biasanya semakin mendekati masa tenang dan hari pemungutan suara, kompetisi akan semakin sengit dan cenderung panas. Biasanya potensi pelanggaran akan meningkat. 

"Oleh karena itu, strategi pengawasan harus diefektifkan dan mengajak masyarakat untuk terus terlibat dalam melakukan pengawas terhadap calon dan timnya untuk patuh pada aturan main dan prokes yang ada," tutupnya.

Baca juga : Bos AP II Ramal Akan Terjadi Lonjakan Penumpang 9 Persen Pada Libur Panjang

Sejumlah paslon yang patuh menerapkan protokol kesehatan pada setiap kampanye di antaranya terjadi di Kabupaten Yalimo, Papua. KPU Kabupaten Yalimo mengatakan, dua kandidat kepala daerah di sana melaksanakan tahapan pemilihan sesuai prokes.

Begitu juga yang terjadi di Pilkada Kota Mataram. Kapolresta Mataram, Kombes Guntur Herditrianto menilai, empat paslon di Pilkada Kota Mataram mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

Baca juga : Alhamdulillah, Rusuh 2010 Ternyata Hoaks

Selain patuh terhadap protokol kesehatan, sejumlah paslon juga telah memanfaatkan kampanye sebagai momentum melawan Covid-19. Seperti yang dilakukan tim paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman). Appi-Rahman telah melakukan tes swab gratis terhadap 1.000 orang lebih, membagikan setengah juta masker dan hand sanitizer, melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan fogging pemukiman di 153 kelurahan yang ada di Makassar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.