Dark/Light Mode

PSI: Baru Sebulan Kampanye, Eri Cahyadi Sudah Ungguli Machfud Arifin

Jumat, 30 Oktober 2020 20:28 WIB
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji (Foto: Istimewa)
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Populi Center merilis hasil survei Pilkada Kota Surabaya. Hasilnya, paslon Eri Cahyadi-Armuji unggul di atas paslon Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

Survei yang diselenggarakan 6-13 Oktober 2020 itu menunjukkan elektabilitas Eri-Armuji di angka 41 persen. Sedangkan Machfud-Mujiaman di angka 37,7 persen. Keunggulan Eri-Armuji dinilai cukup mengejutkan mengingat munculnya sosok Eri Cahyadi sebagai calon wali kota Surabaya baru di awal September.

“Hasil survei ini adalah penyemangat bagi timses, relawan, dan simpatisan Eri-Armuji. Mas Eri ini baru bergerak satu bulan saja tapi bisa menyalip Pak Machfud yang sudah satu tahun lebih dulu bergerak. Pergerakan luar biasa dari Mas Eri dan tim memang disambut antusiasme warga Surabaya terhadap sosok beliau. Itu yang saya lihat juga di lapangan,” kata Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya yang juga juru bicara Timses Paslon 01 Eri-Armuji, William Wirakusuma, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (30/10).

Baca juga : Paguyuban LAMPUNG JEJAMO Dukung Erick Jadikan BUMN Unggul Di Kancah Internasional

William menekankan pentingnya momentum dalam pilkada Surabaya. Tingginya elektabilitas di survei menunjukkan bahwa Eri-Armuji memiliki momentum memenangkan pilkada nanti. Apalagi, walaupun Machfud Arifin sudah lebih dikenal warga Surabaya dibanding Eri Cahyadi, tetap lebih banyak warga yang lebih memilih Eri Cahyadi.

“Dibanding paslon 02, tingkat keterkenalan Mas Eri ini sebenarnya masih belum maksimal. Masih banyak warga belum kenal siapa Mas Eri. Itu pun paslon Eri-Armuji sudah leading. Artinya, potensi Mas Eri memperbesar kemenangan jelas masih ada. Ini yang sedang kami kejar agar tingkat keterkenalan Mas Eri mencapai 80-90 persen di akhir bulan,” tambah William.

Dia meyakini, masyarakat Surabaya sudah rasional dalam menilai kedua paslon. Tingkat kepuasan yang tinggi terhadap Wali Kota Tri Rismaharini yang juga berlatar belakang birokrat profesional menjadi faktor penting terhadap tingginya elektabilitas Eri Cahyadi. Warga memiliki preferensi terhadap calon yang sudah berkiprah dan berkontribusi langsung terhadap pembangunan Kota Surabaya.

Baca juga : Kalau Nggak Kreatif, Kampanye Di Medsos Bisa Jadi Bumerang Lho!

“Sebanyak 87,3 persen warga puas dengan kinerja Bu Risma selama ini. Masyarakat menilai kepemimpinan Bu Risma akan dilanjutkan Mas Eri karena latar belakangnya sama-sama birokrat handal. Ditambah lagi, Bu Risma juga jelas mendukung Eri-Armuji dan berulang kali menyampaikan kedua sosok ini paling mampu memimpin Surabaya dan melanjutkan kebaikan era beliau,” tambah William.

Tentunya, kunci kemenangan Eri-Armuji adalah cara mempertahankan momentum ini. William menegaskan bahwa seluruh unsur tim pemenangan semakin solid bergerak baik di darat dan udara.

“Kami akan terus jaga dan bangun momentum ini menuju hari pemilihan. Kami akan jangkau rumah ke rumah, warga ke warga, kami akan yakinkan warga untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih. PSI juga akan turut pastikan momentum ini berbuah kemenangan Eri-Armuji menjadi Walikota dan Wakil Walikota Surabaya berikutnya,” tutup William. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.