Dark/Light Mode

Bangun LRT Di Tangsel, Ponakan Prabowo Jamin Harga Tiket Rp 5000

Kamis, 19 November 2020 16:11 WIB
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nomor urut 1, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo berencana akan membangun LRT (Light Rapid Transit) untuk warga Tangsel, jika nanti terpilih pada Desember 2020.. 

Keponakan Prabowo ini juga menjamin harga tiket LRT nanti terjangkau bagi warga Tangsel, sekitar Rp 5000.

Hal ini disampaikan Saraswati di hadapan para tokoh Tangsel dalam di acara Silaturahmi Akbar Tokoh Masyarakat Tangsel Bersatu untuk Perubahan di Lubana Sengkol Setu Tangsel, Selasa (17/11). 

Baca juga : Prabowo, Sudah Siap?

Mengutip para pakar, Saraswati menjelaskan, perbedaan LRT dan MRT (Mass Rapid Transit) 

Untuk Tangsel lebih masuk akal pembangunan LRT dibanding MRT. "Menurut para pakar, pembangunan LRT lebih masuk akal untuk Tangsel. Dari sisi pembiayaan jauh lebih murah Rp 600 miliar. Kalau MRT membutuhkan Rp 1 triliun per Km, belum pembebasan lahan, sedangkan LRT membutuhkan Rp 400 miliar Per Km," kata Saraswati. 

Saraswati menjelaskan, bahwa Tangsel adalah kota penyangga IbuKota Jakarta, yang pasti menggunakan LRT.

Baca juga : Ponakan Prabowo Bidik Piala Adipura

Seperti di Tokyo, dan London tidak ada yang memakai MRT, tapi yang dipakai adalah LRT yang menggunakan monorail sistem dibangun di atas tanah menggunakan baja. Pembiayaan jauh lebih murah dari pada MRT 

"Kita akan hadirkan LRT untuk Tangsel, kita sudah hitung biayanya Rp 400 miliar per Km, panjang keseluruhan 23 Km, rutenya dari Pondok Aren turun ke Pondok Cabe (Ciputat) melintas ke Pamulang, ke Setu, naik ke Serpong, terus ke Serpong Utara terus nanti nyambung ke Bandara Soekarno Hatta" paparnya disambut tepuk tangan meriah dari hadirin. 

Terkait harga tiket, Saraswati kembali mengatakan, bahwa ia menjamin tidak akan lebih dari Rp 5.000. 

Baca juga : Bangun Food Estate, Jokowi Pakai Drone Hingga Traktor Apung

"Kita jamin harga tiket Rp 5000 saja. Ini solusi Kami menyelesaikan masalah kemacetan dan membangun transportasi publik yang terintegrasi di Tangsel,"  tandasnya. 

Diketahui, hasil survei  Indikator Indonesia, pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 1, Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo unggul sebesar 38,6 persen dibandingkan 2 paslon lain yang menjadi pesaingnya. Saraswati berhasil ungguli Putri Ma'ruf Amin di Tangsel. Siti Nur Azizah-Ruhamaben hanya mendapat 16,4 persen. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.