Dark/Light Mode

Unggul Di Survei Parameter, Azizah-Ruhama Minta Timnya Jangan Kendor

Selasa, 1 Desember 2020 09:48 WIB
Calon Wali Kota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah (Foto: Istimewa)
Calon Wali Kota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah-Ruhamaben mendapat angin segar menjelang pencoblosan di Pilkada Kota Tangsel. Survei terbaru yang dilakukan Lembaga Kajian Politik Parameter Demokrasi Indonesia menyebut, calon yang diusung Partai Demokrat, PKS, dan PKB ini unggul dari lawan-lawannya.

Hasil survei Lembaga Kajian Politik Parameter Demokrasi Indonesia menyebutkan, elektabilitas Azizah-Ruhama sebesar 27,8 persen. Mereka unggul tipis dari Benyamin-Pilar (26,4 persen) dan Muhamad-Saraswati (25,8 persen). 

"Sebanyak 20 persen responden masih merahasiakan pilihannya. Dan hasil temuan di lapangan, pasangan Azizah-Ruhama berhasil menjadi kuda hitam dan naik ke peringkat pertama," jelas Peneliti Parameter Demokrasi Indonesia, Mahardika, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (1/12).

Baca juga : Eri-Armuji Unggul Di Tiga Survei, PDIP Minta Jangan Terlena

Menurut Mahardika, berdasarkan survei di lapangan, peningkatan suara Azizah-Ruhama terjadi karena tingginya aktivitas kampanye. Termasuk berupa sosialisasi program, pembagian souvenir, dan kunjungan langsung calon ke tengah-tengah masyarakat. 

Menanggapi hasil survei ini, Azizah tetap kalem. Ia mengatakan, survei adalah cara terbaik untuk mengukur elektabilitas, namun angka yang muncul tidak membuat mereka percaya diri berlebih. 

Azizah menegaskan, dirinya, Ruhama, tim sukses, serta pendukung dan simpatisan tidak boleh kendor. Semua harus terus bergerak menggalang dukungan. Apalagi masih ada 20 persen pemilih yang belum memutuskan pilihannya. 

Baca juga : Libur Panjang, Warga DKI Tolong Jangan Ke Luar Kota

“Keunggulan saat ini menjadi bukti kecenderungan masyarakat memberikan kepercayaan kepada kami. Dan itu memotivasi kami untuk terus mendekati pemilih dan meyakinkan mereka bahwa kami memang layak memimpin Tangerang Selatan,” ucapnya.

Catatan khusus juga diberikan Azizah atas rekomendasi Lembaga Kajian Politik Parameter Demokrasi Indonesia terkait penetrasi bantuan dan pemberian jelang hari H. Menurut Azizah, mereka memang harus mewaspadai politik uang. “Saya pikir ini akan kita kawal bersama. Kita ingin siapa pun yang terpilih benar-benar merupakan pilihan berdasarkan nurani dari masyarakat, keunggulan program, dan tentu saja yang terbaik,” ujarnya. 

Survei ini dilakukan Parameter pada 17-24 November dengan mengambil 800 responden melalui multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dan margin of error 3,4 persen. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.