Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cari Yang Popularitasnya Tinggi Dan Berpengalaman

Nggak Ada Salahnya Artis Jadi Cawagub DKI Jakarta

Senin, 22 Februari 2021 06:05 WIB
Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo. (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah artis disebut-sebut ikut meramaikan bursa Pilkada DKI Jakarta nanti. Mulai dari artis sinetron hingga penyanyi papan atas. Tapi, partai politik harus berpikir dua kali sebelum mengusung selebritis di DKI.

Hal itu disampaikan Diretur Eksekutif Lembaga Survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Kunto Adi Wibowo kepada Rakyat Merdeka, Minggu (21/2).

“Belum ada artis menang sebagai Cagub di kancah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ujar Kunto.

Baca juga : Curah Hujan Tinggi, BPBD Catat Ada 10 Genangan Di Jakarta

Umumnya, kata Kunto, banyakpartai memposisikan artis sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) karena tingkat popularitasnya cukup tinggi di masyarakat. Faktor ini diyakini akan mempermudah sosialisasi partai pengusung. “Artis biasa jadi wakil. Bisa wakil wali kota, bupati atau gubernur,” ujar Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini.

Meski cocok untuk posisi Cawagub DKI, Kunto menilai, partai juga tetap hati-hati dalam memilih. Sebab, artis dengan pengalaman di birokrasi atau partai lebih cocok untuk diusung. “Bukan artis yang tingkat pengalamannya di organisasi tidak ada,” katanya.

Alasan artis kaya pengalaman, baik di partai atau birokrasi, sambung Kunto, karena masyarakat Jakarta punya daya analisis baik terhadap background kandidat.

Baca juga : HUT Ke-63, Pertamina Siapkan Terminal BBM Sambu Jadi Trading Hub Di Asia Tenggara

Selain itu, artis berpengalaman diyakini akan mempermudah mesin partai bekerja. Sebab, artis itu sudah mengerti organisasi dan opini publik di kancah Pilkada.

Meski demikian, Kunto tidak menyalahkan partai bila memutuskan mengusung artis untuk DKI-1. Hal itu sah-sah saja karena memang sudah diatur oleh undang-undang.

Diketahui, belakangan ini muncul nama Cagub DKI dari kalangan artis yang didorong-dorong parpol. Mulai dari Raffi Ahmad, Baim Wong, hingga Agnez Monica.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.