Dark/Light Mode

Survei NSN Soal Bursa Cagub DKI

Anies Dilangkahi Risma

Jumat, 5 Maret 2021 06:00 WIB
Kolase foto bursa Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Kolase foto bursa Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi Anies Rasyid Baswedan di bursa Calon Gubernur DKI Jakarta 2024 perlahan mulai tergeser oleh Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini alias Risma. Elektabilitas eks Wali Kota Surabaya ini mengungguli Anies dengan selisih 2,2 persen.

Keunggulan Risma atas Anies tergambar dari hasil survei Nusantara Strategic Network (NSN). Survei dilakukan pada 20-27 Februari 2021, dengan tatap muka kepada 400 responden yang mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta.

Baca juga : Anies-Risma Kejar-kejaran

“(dari hasil survei) Elektabilitas Risma mencapai 34,0 persen, sementara Anies sebesar 32,8 persen,” ujar Direktur Program NSN, Riandi, Kamis (4/3).

Menurutnya, penyebab elektabilitas Anies kalah dari Risma karena kinerjanya dipertanyakan banyak pihak. Mulai dari masalah banjir, kisruh soal anggaran (APBD DKI), hingga persoalan klasik seperti soal kemacetan dan polusi.

Baca juga : Marsekal Muda Henri Alfiandi Resmi Dilantik Jadi Kepala Basarnas

“Hadirnya Risma di Jakarta memberi angin segar bagi warga DKI, menjadi figur alternatif yang diharapkan dapat memperbaiki ibukota, sebagaimana telah dilakukan Risma di Surabaya,” jelasnya.

Saat ini, Riandi menyebut, hanya Anies dan Risma yang punya elektabilitas tertinggi di Jakarta. Kedua nama ini kemungkinan akan terus bersaing.

Baca juga : Meski Pilgub DKI 2024, Anies Diyakini Tak Akan Kehilangan Panggung

Terkait nama-nama kandidat lain, dia menyebut, elektabilitas kandidat lain masih jauh dari Risma dan Anies. Buktinya, kedua nama ini sudah mengungguli nama kandidat di masa Pilkada DKI 2017. Di antaranya, Sandiaga Salahudin Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Disebutkan, elektabilitas Sandiaga saat ini hanya 4,8 persen untuk kontestasi Cagub DKI. Sedangkan, AHY memiliki elektabilitas 3,3 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.