Dark/Light Mode

Survei NSN Soal Bursa Cagub DKI

Anies Dilangkahi Risma

Jumat, 5 Maret 2021 06:00 WIB
Kolase foto bursa Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Kolase foto bursa Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sosok lain yang masuk dalam survei NSN, sambung dia, adalah politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas (2,8 persen), Wagub DKI Ahmad Riza Patria (2,5 persen), dan Bupati Tangerang yang juga Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar (2,3 persen).

Lalu, ada selebritis Raffi Ahmad (1,8 persen), anggota DPR dari NasDem yang dikenal sebagai crazy rich Tanjung Priok Ahmad Sahroni (1,5 persen), mantan Cawagub dari PKS Nurmansjah Lubis (1,3 persen) dan Abraham Lunggana atau Haji Lulung (1,0 persen).

Baca juga : Anies-Risma Kejar-kejaran

“Masih ada 9 nama lain yang belum terlalu berhasil menarik dukungan publik, dengan hanya meraih elektabilitas di bawah 1 persen,” tandasnya.

Diketahui, posisi Anies sejak awal memang sudah dibuntuti Risma. Ini tergambar dari survei Media Survei Nasional (Median) pada 31 Januari-3 Februari 2021. Saat itu, elektabilitas Anies mencapai 45 persen, sementara Risma sudah mencapai 36 persen.

Baca juga : Marsekal Muda Henri Alfiandi Resmi Dilantik Jadi Kepala Basarnas

Ketua DPP PKB Faisol Riza menilai, dari trennya, elektabilitas Anies memang akan terus berkurang seirama masa jabatannya berakhir 2022. Sementara, napas politik Risma menuju Pilgub DKI masih panjang. Sebab, mantan Walikota Surabaya ini masih menjabat sebagai Mensos sampai 2023.

Karena itu, Faisol memprediksi, Risma hampir pasti jadi Gubernur DKI mendatang. Saat ini, tinggal mencari posisi cawagub yang tepat untuk mendampingi Risma.

Baca juga : Meski Pilgub DKI 2024, Anies Diyakini Tak Akan Kehilangan Panggung

“Risma hampir pasti Gubernur DKI (2024). Sekarang yang diperebutkan adalah Wagub,” ujarnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.