Dark/Light Mode

Survei Elektabilitas Di Pilgub DKI

Risma Mulai Nyalip Anies

Sabtu, 17 April 2021 08:50 WIB
Anies Baswedan dan Tri Rismaharini. (Foto: Istimewa)
Anies Baswedan dan Tri Rismaharini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah nama mulai digadang-gadang bakal maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Petahana Anies Baswedan dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma jadi sorotan pengamat, lembaga survei dan masyarakat.

Masuknya Risma dalam kabinet dinilai sebagai langkah untuk maju di Pilkada DKI Jakarta. Temuan survei dari Jakarta Research Center (JRC) menunjukkan, elektabilitas Risma mulai menyalip Anies.

“Risma diprediksi memenang­kan Pilkada DKI, mengungguli Anies sebagai petahana,” kata Direktur Komunikasi JRC Alfian P, kemarin.

Baca juga : Inggris Vs Polandia, Duel Panas

Elektabilitas Risma mencapai 37,1 persen, berjarak 5 persen dengan Anies sebesar 32,4 persen. Anies disebut belum memberikan hasil maksimal sejak dilantik menjadi Gubernur DKI pada 2017. Sementara, Risma dengan gaya blusukan khasnya sejak menjabat Wali Kota Surabaya mencuri perhatian.

Nama lain diunggulkan adalah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan elektabilitas 7,8 persen. Menurut Alfian, AHY yang pernah bertarung di Pilkada DKI 2017 masih berpeluang kembali maju.

Lalu, ada Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, mantan Wakil Gubernur DKI yang mendampingi Anies, sebelum kemudian maju berpasangan dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Elektabilitas Sandi mencapai 7,8 persen.

Baca juga : CR7 Cetak Gol, Portugal Dan Kroasia Nyalip Di Tikungan

Nama lainnya adalah Wagub DKI Ahmad Riza Patria (2,8 persen), politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas (2,6 persen), serta Bupati Tangerang yang juga Ketua Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar (1,1 persen).

Kemudian, Politisi PKS yang diusung sebagai cawagub, Nurmansjah Lubis (0,6 persen), anggota DPR dari Nasdem Ahmad Sahroni (0,4 persen), dan Abraham Lunggana atau Haji Lulung (0,3 persen).

“Sisanya elektabilitasnya sangat kecil, dan tidak tahu atau tidak jawab 9,1 persen,” pungkas Alfian.

Baca juga : Hari Ini, 38 Pemain Timnas Wanita Mulai Jalani TC

Survei JRC dilakukan antara 1 hingga 10 April 2021, secara tatap muka kepada 800 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±3,4 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.