Dark/Light Mode

Dalam Rakercab PDI Perjuangan

Bupati Mitra Masuk Bursa Jadi Calon Gubernur Sulut

Minggu, 6 Juni 2021 06:35 WIB
Bupati Minahasa Utara (Mitra), James Sumendap. (Foto: Istimewa)
Bupati Minahasa Utara (Mitra), James Sumendap. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Minahasa Utara (Mitra), James Sumendap digandang-gadang jadi kadidat calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) 2024. Bahkan, hal ini juga dinyatakan Ketua PDIP Sulut yang juga Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Diketahui, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai memanaskan mesin menghadapi Pilgub 2024. Untuk Sulut, PDIP disebut-sebut sudah menyiapkan sejumlah kadernya untuk bertarung di Pilgub Sulut 2024.

Bahkan, dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PDIP Mitra, Olly sempat menyinggung, siapa yang bakal diusung meneruskan kepemimpinannya di Sulut. Lantas, bagaimana peluang PDIP andai mengusung James Sumendap atau nama lainnya?

Pengamat politik Ferry Liando mengatakan, pernyataan Gubernur Sulut bahwa James Sumendap sebagai salah satu nama masuk radar PDIP sebagai cagub harus dimaknai dengan tidak terlalu serius. “Sebab, di radar itu belum tentu akhirnya akan ditembak,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Kalah Lawan Pemberontak Yaman, Putra Mahkota Saudi Didesak Mundur

Selain itu, lanjut Ferry, Pilkada 2024 masih terlalu jauh. Sikap Olly Dondokambey itu bisa saja akan berubah-ubah. “Saya yakin James Sumendap tahu itu. Pak James adalah politisi hebat dan berpengalaman, jadi tidak mungkin langsung meyakini statement itu,” katanya.

Meski demikian, Ferry mengakui, saat ini memang popularitas James sangat mendukung. Tapi di tahun 2024 bisa jadi popularitasnya menurun. Apalagi, jabatannya beliau sebagai bupati hanya sampai 2023.

Tanpa memiliki wilayah kekuasaan, nilainya, tentu akan sangat sulit bagi calon untuk tetap eksis. Kemungkinan, PDIP tetap akan memiliki alternatif lain. Apalagi kader-kader PDIP kebanyakan memiliki pengalaman dan nama besar, seperti Steven Kandou, Andre Angouw, Frangky Wongkar dan nama-nama lainnya.

Ferry menuturkan, PDIP Sulut tidak kekurangan koleksi kader berkualitas. Meski demikian ia meyakini, James Sumendap pasti akan diperhitungkan PDIP, sebab jasa-jasanya membesarkan PDIP di Sulut terhitung bagus.

Baca juga : Larangan Mudik Bisa Jadi Berkah Ekonomi Buat Jakarta

“Beliau selalu berada di garda terdepan memperjuangkam kader PDIP dalam setiap konstalasi Pilkada ataupun Pileg,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw secara terang-terangan menantang James Sumendap untuk maju bertarung pada Pilgub 2024. James, ujarnya, merupakan sosok kepala daerah yang terus memikirkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, dan mampu menata kelola pemerintahan yang baik.

Bahkan, Steven mengaku salut dengan keberanian Bupati Mitra ini melawan perusak lingkungan, melawan korupsi, dan masih banyak inovasi-inovasi lainnya untuk kemajuan daerah.

Lihat saja, lanjut Steven, selain pemberantasan korupsi, demi kelestarian lingkungan, penambang di Kebun Raya Megawati Soekarno Putri ditutup.

Baca juga : Dijamin Shireen dan Zaskia, Mark Sungkar Jadi Tahanan Kota

“Saya mendukung Pak James Sumendap maju di Pilgub 2024. Rimba Lamet, artinya laki-laki metal, yang akan membawa perubahan di Sulawesi Utara,” pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.