Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Musim Covid Tak Surutkan Sosialisasi Empat Pilar

Jumat, 5 Februari 2021 06:23 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda bakal reda, memberikan tantangan tersendiri bagi MPR untuk terus mensosialisasikan Empat Pilar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) ke semua lapisan masyarakat.

Perlu terobosan untuk menghindari kerumunan, agar tak jadi klaster baru penyebaran Covid. Padahal sebelumnya, acara Sosialisasi Empat Pilar ini kerap diselenggarakan dengan menghadirkan suatu panggung hiburan atau pergelaran seni budaya seperti wayang golek, ketoprak, lawak dan sebagainya. Atau berbagai event komunitas/hobi, yang bisa dihadiri ratusan orang.

Seperti apa terobosan yang dilakukan MPR, agar Sosialisasi Empat Pilar tetap jalan, dan tak memunculkan kerumunan? Mari kita simak petikan wawancara Ketua MPR Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, dengan wartawan Rakyat Merdeka, Ujang Sunda.

Baca juga : Prof Mahfud Tidak Suka Diseret-seret

Sosialisasi Empat Pilar di era Covid, tentunya menghadirkan tantangan tersendiri bagi MPR. Karena bagaimanapun, sosialisasi tak boleh terhenti. Bagaimana upaya MPR dalam hal ini?

Alhamdulillah, Sosialisasi Empat Pilar tetap jalan. MPR melakukannya dengan memanfaatkan media digital seperti YouTube. Pimpinan MPR, termasuk saya, memiliki kanal YouTube yang dimanfaatkan untuk kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Selain itu, agar bisa menjangkau berbagai kalangan masyarakat di berbagai daerah, Sosialisasi Empat Pilar juga dilakukan menggunakan Zoom ataupun saluran video conference lainnya. Selain lebih efektif dan efisien, penggunaan kanal-kanal tersebut juga memudahkan berbagai kalangan untuk ikut serta bergabung.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Langkah HDCI Sosialisasikan Empat Pilar MPR

Kalau dari kanal YouTube Anda sendiri, bagaimana respon masyarakat terhadap Sosialisasi Empat Pilar?

Responnya sangat positif. Jumlah subscriber dan viewer-nya terus naik. Meskipun saya terbilang orang baru di dunia YouTube, karena baru punya akun pada 11 Juni 2020.

Kanal YouTube saya, Bamsoet Channel, yang mayoritas kontennya diisi dengan kegiatan seputar Sosialisasi Empat Pilar MPR, saat ini subscriber-nya sudah mencapai 73,3 ribu, dengan viewers 3,4 jutaan. Ini artinya, Sosialisasi Empat Pilar mampu menarik minat masyarakat.

Baca juga : Pengorbanan Nakes Sia-sia Jika Kita Masih Abai Prokes

Selama ini, MPR banyak menggandeng para artis dan influencer untuk ikut melakukan Sosialisasi Empat Pilar. Itu hasilnya bagaimana?

Hasilnya, sangat baik. Karena di masa seperti ini, artis dan influencer - terutama YouTuber -, termasuk kalangan yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap generasi muda. Tak heran, jika Presiden Jokowi juga beberapa kali mengundang mereka ke Istana Negara untuk berdialog. Mengajak mereka menjadi bagian dari pemersatu bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.