Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun

Diplomasi Tempe Di Negeri Tirai Bambu

Minggu, 7 Februari 2021 07:30 WIB
Dubes RI Untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun Diplomasi Tempe Di Negeri Tirai Bambu

 Sebelumnya 
Sebagai salah satu komoditi unggulan, tempe diperkenalkan dan dipasarkan di Tiongkok melalui Shanghai. Bagaimana kisahnya, pengusaha kita mendirikan pabrik tempe di China?

Seastar Foods Co.Ltd adalah perusahaan pabrik tempe Indonesia di Shanghai, yang dipimpin oleh CEO Ibu Venny Haryanti Sutikno.  Sudah hampir satu dekade ini, Ibu Venny menjalankan bisnis restoran Indonesia di Shanghai bernama Bali Bistro, berlokasi di Jin’an Temple Shanghai.

Dalam perjalanannya, Ibu Venny bersama rekan-rekannya di Shanghai melihat, masyarakat Indonesia di China memliki kerinduan besar untuk mendapatkan tempe Indonesia. Meski sebenarnya, dalam 2-3 tahun terakhir, tempe Indonesia sudah beredar di beberapa pasar online di China. Namun, masih sangat terbatas sekali untuk mendapatkannya.

Baca juga : Dubes Djauhari Oratmangun Resmikan Pabrik Tempe Dan Pojok Kopi Di Shanghai

Ide untuk pendirian pabrik tempe ini, dirancang sejak masa pandemi Covid-19 tahun 2020, yang antara lain terinspirasi oleh keberhasilan salah satu pengusaha tempe asal Indonesia yang sukses di Fukuoka, Jepang yaitu Bapak Rustono yang terkenal dengan Rusto Tempeh. Ibu Venny dan rekan bisnisnya pun menggandeng Bapak Rustono, bekerja sama dalam pendirian pabrik Seastar Foods Co.,Ltd di Shanghai.

Salah satu fokus dan tujuan utama pendirian pabrik Rusto Tempeh di Shanghai ini adalah untuk mempromosikan tempe Indonesia secara lebih luas lagi, di kalangan masyarakat China.

Nah! saya melihat terobosan monumental berdirinya pabrik tempe Indonesia di Shanghai ini tidak saja menjadi penting bagi pelaksanaan diplomasi ekonomi Indonesia, namun juga diplomasi kuliner Indonesia di Tiongkok.

Baca juga : Beberkan Kiat Jadi Diplomat Di Depan Mahasiswa Unbrah Sumbar

Menarik sekali, tempe sudah mulai dijual secara online di China. Berarti, tempe sudah makin mendapat tempat ya di Negeri Tirai Bambu?

Betul!.......produk tempe sudah dijual secara online melalui beberapa platform e-commerce China seperti Alibaba Group di TMAL dan Tabao. Produk Tempe Indonesia yang dijual dalam platform e-commerce tersebut, dibuka oleh kalangan pengusaha Indonesia yang berbasis di Shenzhen, dengan membuka platform di Tabao bernama IDN-SHOP (toko Indonesia).

IDN-SHOP saat ini menjual berbagai ragam makanan Indonesia, minyak angin, berbagai kue basah dan kue kering, serta produk konsumen lainnya. Namun untuk tempe, IDN-SHOP juga banyak mengambil produk tersebut dari Hong Kong. Tak hanya Shenzhen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.