Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fahira: Pemprov DKI Sudah Maksimal Jalankan 3T, Mari Balas dengan 3M

Jumat, 28 Agustus 2020 20:51 WIB
Anggota DPD Fahira Idris (Foto: Instagram/fahiraidris)
Anggota DPD Fahira Idris (Foto: Instagram/fahiraidris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta memutuskan kembali memperpanjang PSBB Transisi hingga 10 September 2020. Perpanjangan ini diambil setelah berkonsultasi dengan dengan para epidemiolog dan hasil dari koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Anggota DPD Fahira Idris mengungkapkan, sebagai ibu kota dan pusat ekonomi, Jakarta punya tantangan tersendiri dalam percepatan penanggulangan Covid-19. Besarnya ritme dan geliat aktivitas di Jakarta menjadi salah satu tantangan besar Pemprov DKI dan warga ibu kota untuk bergerak bersama mengendalikan laju penyebaran Covid-19.

Baca juga : Hadapi Krisis, PDIP Ajak Masyarakat Jalankan Konsep Berdikari Bung Karno

“Itulah kenapa, sejak awal virus ini hadir, Pemprov DKI terus melangkah lebih cepat. Karena memang tantangan di Jakarta lebih kompleks. Saat ini, Jakarta menjadi yang terdepan dan sudah maksimal menjalankan testing, tracing, treatment atau 3T. Saya mengajak warga Jakarta untuk membalasnya dengan disiplin dan konsisten jalankan 3M yaitu memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter,” ujar Fahira, di Jakarta, Jumat (28/8).

Menurut Fahira, banyak inisiatif percepatan penanggulangan Covid-19 yang dimulai dari Jakarta. Sebut saja pembentukan Tim Tanggap Covid-19, membagikan jutaan masker kain dan mewajibkan memakainya saat berada di luar rumah, sampai memberi sanksi pelanggaran protokol kesehatan.

Baca juga : Senator Jakarta Minta Disiplin Masyarakat Jangan Kendor

Fahira menerangkan, Jakarta menjadi daerah yang paling terdepan dalam menerapkan 3T. Pertama, testing yang sudah hampir 4 kali lipat standar yang dianjurkan WHO. Kedua, tracing dengan metode active case finding (puskesmas proaktif melakukan tes Covid-19 ke komunitas atau orang yang kemungkinan besar punya potensi tertular). Ketiga, treatment yaitu kesiapan tindakan medis dan kesiapan fasilitas kesehatan.

Peningkatan kapasitas tes di Jakarta, sambung Fahira, adalah modal utama mengendalikan pandemi ini. Modal itu akan semakin kuat jika ditambah dengan peningkatan disiplin masyarakat mematuhi protokol kesehatan terutama pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

Baca juga : Pemprov DKI Berikan Denda Progresif Bagi Kantor Bandel

“Saat 3T yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI sudah maksimal dipadu dengan penerapan 3M oleh warga yang juga maksimal, Insya Allah, kita bisa mengendalikan penyebaran virus ini. Oleh karena itu, perpanjangan PSBB ini harus menjadi ruang bagi kita sebagai warga meningkatkan komitmen untuk lebih disiplin dan konsisten terapkan 3M,” pungkas Fahira. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.