Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

La Nyalla: Pemerintah Beri Perhatian Serius Untuk Papua Dan Papua Barat

Senin, 1 Februari 2021 21:48 WIB
Ketua DPD, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (bermasker merah) saat kunjungan kerja ke Sorong, Papua Barat, Senin (1/2). (Foto: Dok. DPD)
Ketua DPD, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (bermasker merah) saat kunjungan kerja ke Sorong, Papua Barat, Senin (1/2). (Foto: Dok. DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan Papua dan Papua Barat mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Pembenahan dan bantuan pun kerap dikucurkan. Demikian disampaikan Ketua DPD, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti.

La Nyalla mengatakan, perhatian serius pemerintah untuk Papua dan Papua Barat bisa dilihat dari dana yang dikucurkan. Dia berharap, perhatian pemerintah ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Papua dan Papua Barat. 

Baca juga : Harlah Ke-95, NU: Perkuat Persatuan Bangsa Dan Spirit Islam Nusantara

"Pemerintah sangat berpihak pada pembangunan Papua dan Papua Barat, dan memberikan perhatian khusus. Hal itu terlihat dari dana Otsus dan dana tambahan infrastruktur di kedua wilayah tersebut yang mencapai Rp 138,65 triliun,” katanya, di sela kunjungan kerja ke Sorong, Papua Barat, Senin (1/2).

La Nyalla menambahkan, perhatian yang diberikan pemerintah untuk Papua dan Papua Barat juga diperlihatkan melalui dana transfer daerah. "Dana transfer ke daerah dan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Papua dan Papua Barat adalah yang paling besar jika dibandingkan daerah lain," katanya.

Baca juga : Bawaslu Pastikan Anak Buahnya Bakal Terbuka

Tidak itu saja, mantan Ketua Kadin Jawa Timur ini menambahkan, jika pemerintah sedang menggodok pemekaran daerah di Negeri Cendrawasih. "Pemerintah menggodok kemungkinan melakukan pemekaran di Papua dan Papua Barat. Tujuannya, agar pembangunan di wilayah Papua dan Papua Barat bisa semakin masif dan mampu sejajar dengan provinsi lain di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah telah cukup banyak memberikan keberpihakan kepada Provinsi Papua dan Papua Barat, khususnya dalam konteks pelaksanaan Otsus. Dia menambahkan, dana Otsus bagi Papua dan Papua Barat merupakan aspek tambahan bagi kedua wilayah tersebut, seiring alokasi dana lain yang juga didapatkan oleh provinsi/wilayah lainnya di Tanah Air. Misalnya, transfer ke daerah dan dana desa (TKDD), serta anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) di wilayah Papua dan Papua Barat. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.