Dewan Pers

Dark/Light Mode

Data, Metaverse Dan Bungkus Bakwan

Selasa, 28 Desember 2021 06:47 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Dokumen berisi data pribadi Susi Pudjiastuti dijadikan bungkus gorengan. Mantan Menteri KKP itu juga bingung, mau mengadu dan protes kemana mengenai data yang jadi bungkus gorengan itu.

Dokumen tersebut memuat foto Susi Pudjiastuti dengan dua gorengan bakwan. Kertasnya berminyak. Di dekat foto Susi ada sedikit remahan bakwan. Dokumen itu berupa permohonan pembuatan KTP Susi di Kantor Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat.

Berita Terkait : Kemana 2022?

Ini bukan cerita baru. Banyak sekali dokumen-dokumen yang berakhir sebagai bungkus gorengan. Ada juga logo kementerian. Ada lambang instansi.

Kartu Keluarga dan sebagainya.

Berita Terkait : Tanpa Pungutan Sampai Ke Kamar

Di beberapa perusahaan seringkali, kertas-kertas yang tidak dipakai, dibuang begitu saja. Atau “dikiloin”. Hasilnya buat beli martabak atau gorengan. Sesederhana itu perjalanan data atau bahkan dokumen penting.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, juga pernah ngeluh karena sering mendapatkan tawaran utang online lewat SMS. Sri kesal karena harus sering-sering menghapus SMS dari nomor yang tidak dikenal itu.

Berita Terkait : Viral Dan Laporan Kambing Hilang

Yang sedang gencar adalah Ibu Siti. Dia mengirim SMS. Ibu Siti ini mengaku berhasil mendapatkan UANG GOIB (pakai huruf kapital semua) berkat bantuan seorang bergelar haji. Sekarang utangnya sudah lunas. Dia menawarkan: ada yang mau mengikuti jejaknya.

Ibu Sri Mulyani juga mungkin mendapatkan tawaran dari Ibu Siti yang menawarkan uang goib ini.
 Selanjutnya