Dark/Light Mode

Tahun Baru Dan 2 Agenda

Kamis, 30 Desember 2021 06:45 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Tahun ini, sebelum kenaikan harga-harga, kondisi memang sudah sulit. Rakyat Merdeka di halaman 1, Selasa, 28 Desember 2021 lalu, menampilkan judul, “Kado Tahun Baru: Ada Sembako Naik, Ada Pengampunan Pajak, Orang Miskin Nangis, Konglomerat Tertawa”.

“Kenaikan sembako sudah terjadi sejak awal Desember 2021. Mendekati tahun baru, kenaikannya semakin menggila. Tiga sembako harganya melonjak, yaitu minyak goreng, cabe, dan telur,” tulis Rakyat Merdeka.

Baca juga : Data, Metaverse Dan Bungkus Bakwan

Tahun 2022 tampaknya masih akan dilalui dengan tantangan berat, bagi Pemerintah dan rakyat. Pandemi Covid-19 dan dampaknya masih bersisa.

Kondisi ini menjadi menarik, bahkan bisa menyulitkan, karena akan bertemunya dua kepentingan serta agenda besar. Pertama, pemulihan ekonomi yang membutuhkan kerja keras, cepat dan tepat serta pemanfaatan anggaran yang efektif. Kedua, agenda politik menuju Pilpres dan Pileg 2024. Agenda ini membuat para bakal calon melakukan manuver yang bisa mengesampingkan kepentingan rakyat.

Baca juga : Kemana 2022?

Bagi rakyat, sederhana saja, seperti kata salah seorang pemimpin China: tidak penting kucing hitam atau putih, yang penting bisa menangkap tikus. Di sini, “tikus” bisa berarti korupsi, kolusi nepotisme (KKN), kemiskinan, kesenjangan sosial-ekonomi, polarisasi anak bangsa, eksploitasi sumber daya alam dan lingkungan, bahkan oligarki politik.

Awal tahun ibarat membuka halaman pertama dari ratusan lembar kertas kosong. Bagaimana dan apa yang digambar serta ditulis bangsa ini? Menarik ditunggu. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.