Dark/Light Mode

Amerika Dan Detoks Politik Kita

Kamis, 6 Januari 2022 06:40 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Bagaimana menghilangkan polarisasi politik sehingga bangsa ini kembali sehat?

Pertama, lunturkan polarisasi itu. Netralisir “identitas politik” yang selama ini melekat kuat. Lakukan detoksifikasi politik. Hilangkan “racunnya”.

Baca juga : Flurona, Pirona Dan Garona

Caranya? Kalau kita menyebut “kembalilah kepada Pancasila”, mungkin ada yang menertawakannya. Tapi, kembalilah kepada “fitrah” masing-masing. Misalnya, sependeritaan-sepenanggungan sebagai orang tua. Ayah atau ibu. Apa pun isunya.

Jangan lagi bersikap berdasarkan bendera politik. Lunturkan itu semua. Bersikaplah atau posisikan diri sebagai kesatuan anak-anak muda milenial, sebagai pencinta burung, penggemar lari pagi, pecinta alam, mancing, film, atau sesama pemilik vespa antik. Dan, banyak lagi sisi-sisi yang bisa menyatukan. Jangan dipenjara oleh ideologi serta sikap politik. Lakukan detoks.

Baca juga : Tahta Dan "Rakyat Gorengan"

Jangan seperti Amerika, yang masih tersandera “vaksin Demokrat” dan “vaksin Republik”. Semoga di Indonesia, tidak ada “Tol si A” atau “Stadion si B”. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.