Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Ada Korupsi Di IKN

Sabtu, 26 Maret 2022 06:43 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah dimulai. Karena di sini akan ada unsur APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), kita berharap, proyek raksasa ini dikerjakan tanpa korupsi dan pencurian uang negara.

Mulai dari tahap pengadaan lahan hingga pembagunan fisik, proyek IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini mesti dikawal ketat. Kita berharap, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) berada di lini paling depan dalam mendampingi dan mengawal kerja super besar ini.

Baca juga : Angin Segar Dari Mandalika

KPK perlu membentuk satgas khusus untuk memastikan tata kelola persiapan dan pembangunan IKN berjalan baik. Kalau tata kelolanya baik, kecil kemungkinan terjadi pencurian uang negara.

Sekarang ini yang mesti diawasi secara ketat oleh KPK adalah proses penyiapan lahan. Kalau di lapangan ditemukan ada klaim pihak ketiga atas lahan-lahan di sekitar IKN, bongkar saja, tak perlu ragu-ragu.

Baca juga : Jalan Panjang Menuju Endemi

Hal lain yang perlu dikawal ketat adalah mekanisme pembiayaan IKN dan pengelolaan aset negara. Di sini kita berharap, Kepala Otorita IKN selalu mengutamakan prinsip akuntabilitas di semua tahapan pembangunan IKN.

Kalau ada tanda-tanda pelaksana proyek di lapangan bakal berbuat curang, Kepala Otorita IKN bersama-sama satgas KPK harus bertindak cepat dan tegas. Ini penting untuk mencegah terjadinya kerugian negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.