Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inilah Jalan Demokrasi

Sabtu, 29 Juni 2019 04:01 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sangat kecewa. Inilah mungkin yang dirasakan para pendukung Prabowo-Sandiaga Uno pasca sidang MK (Mahkamah Konstitusi), Jumat (27/6) yang menolak seluruh gugatan yang diajukan paslon 02. Kekecewaan itu wajar. Tapi tak boleh berlarut-larut.

Sementara para pendukung paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin juga tidak perlu menunjukkan kegembiraan yang berlebihan. Mari sama-sama menatap masa depan. Tantangan yang dihadapi bangsa dan negara ini bakal lebih berat.

Baca juga : Tantangan Pasca Pilpres

Namun kita tetap harus optimis. Sidang sengketa Pilpres 2019 di MK yang berjalan secara terbuka dan transparan, serta live di televisi, hasilnya patut dihormati pihak-pihak yang berselisih. Putusan MK yang bersifat final dan mengikat itu harus menjadi akhir dari kontestasi politik tak berkesudahan.

Hubungan antar saudara, teman dan komunitas yang merenggang dan terkoyak akibat terlalu lamanya masa kampanye Pilpres, sudah saatnya direkatkan dan dirajut kembali. Mari kita kokohkan kembali persatuan di seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Melawan Berita Bohong

“Kini tidak ada lagi 01 dan 02. Yang ada persatuan Indonesia,” kata Presiden Jokowi menanggapi putusan MK. Keinginan mulia serta semangat untuk rekonsiliasi itu patut didukung oleh para elite yang selama ini berseberangan. Para elite sudah waktunya menyetop aksi saling serang dan saling menjelekkan satu sama lain.

Pilpres sudah selesai. Kita berharap tensi politik akan menurun pada hari-hari mendatang ini. Kita juga berharap ke depan tidak ada lagi berita-berita bohong atau hoaks yang bisa menyulut kericuhan di masyarakat.

Baca juga : Ayo Stop Provokasi

Mereka sudah lelah akibat kegaduhan politik yang terjadi selama masa kampanye Pilpres lebih dari 6 bulan. Sekarang ini MK sudah mengeluarkan putusan hasil sidang sengketa Pilpres.

Inilah jalan demokrasi. Ayo tenun kembali persatuan bangsa yang robek. Ini penting supaya negeri ini bisa lebih cepat maju dan rakyatnya lebih sejahtera.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.