Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menegakkan Wibawa KPK

Jumat, 19 Agustus 2022 08:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, Selasa lalu, Presiden Jokowi secara khusus memberikan pujian ke Kejaksaan Agung (Kejagung) atas keberhasilan mengungkap kasus-kasus “kakap”. Pujian ini bisa diartikan, bahwa saat ini prestasi Kejagung berada di atas KPK. Kondisi ini bertolak belakang dengan empat atau lima tahun lalu dan seterusnya, saat prestasi KPK selalu berada di posisi paling tinggi di antara penegak hukum di negeri ini.

Saat ini, banyak yang menganggap, KPK sudah tak lagi bergigi. Hanya mampu menangani kasus-kasus kelas “teri”. Makanya, tidak heran, banyak pihak yang sudah tak berharap banyak pada KPK.

Baca juga : Merdeka Sesungguhnya

Untuk pemberantasan kasus-kasus korupsi, kita benar-benar perlu institusi penegak hukum yang kuat, yang memiliki integritas dan profesionalitas. Mengapa, karena yang berperkara umumnya adalah orang-orang yang memiliki pengaruh kuat, bahkan kekuasaan yang tak terbatas. Dengan sumber dayanya itu, mereka bisa melakukan perlawanan.

Nyali mereka untuk melakukan perbuatan melawan hukum amat besar. Karena mereka merasa apa pun bisa ditransaksikan. Bernyalinya mereka yang disangkakan terlibat dalam skandal untuk memburon adalah indikasi kuat pelecehan terhadap wibawa hukum kita, khususnya KPK. Ini sungguh mengerikan. Jangan sampai hal ini dibiarkan.

Baca juga : OTT Dan Fee

Saat ini, perlu tampil pahlawan menyuarakan pentingnya menegakkan kembali wibawa KPK. Entah bagaimana caranya. Yang jelas, ini sungguh mendesak.

Di era digital ini, tiada lagi yang diharapkan terus mengawasi dan melakukan political pressure ialah para warganet. Jangan lengah. Bersatulah menyuarakan dan menghantam siapa saja perusak wibawa hukum. Warganet sekali lagi jangan diam. Gunakan kekuatan tagar agar trending, untuk mencuri perhatian seluruh rakyat Indonesia. Agar KPK kembali bertaring dan wibawanya kembali meningkat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.