Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Awas, Krisis AS Sampai Ke Bogor

Kamis, 3 November 2022 06:36 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Kata pengamat, Indonesia jauh dari resesi, syukurlah. Bagus. Tapi, resesi dan pelambatan ekonomi dunia, perlu diantisipasi serius. Karena, apa artinya “tidak kena resesi” tapi rakyat menjadi korban resesi dunia.

Contoh, krisis dan pelambatan ekonomi di Eropa dan Amerika, ternyata sudah sampai ke Wanaherang, Bogor.

Baca juga : Waspadai Massa “Rindu Dendam”

Sebuah pabrik garmen berskala internasional di daerah tersebut, sudah mem-PHK 400 karyawannya. Pabrik yang memproduksi berbagai macam pakaian dalam pria dan wanita merk terkenal Victoria’s Secret ini, mengalami penurunan permintaan.

Victoria’s Secret merupakan perusahaan ritel Amerika terbesar, khusus pakaian dalam. Perusahaan yang didirikan 1977 ini memiliki ribuan toko yang tersebar di seluruh dunia. Krisis membuat orang Amerika dan Eropa tak lagi terlalu peduli soal pakaian dalam. Dampaknya sampai ke Wanaherang, Bogor.

Baca juga : Mencari "Lilin Sepakbola"

Badai PHK bukan hanya melanda pabrik garmen pemasok Victoria’s Secret, tapi juga pabrik lainnya. Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmadja menyebut, ada 45 ribu buruh industri tekstil, dari hulu sampai hilir, yang sudah di PHK.

Bukan hanya industri tekstil, perusahaan perusahaan startup pun sudah kena. Perusahaan alas kaki, seperti sepatu dan sandal, bahkan turun drastis sampai 50 persen. Itu data yang disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani.

Baca juga : Hukuman Mati Hidup Lagi

Alarmnya sudah berbunyi nyaring. Kalau tidak segera diantisipasi serius, “bolanya” bisa liar kemana-mana. Apalagi harga-harga yang merangkak naik, PHK menjadi angin topan yang bisa menyapu banyak orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.