Dark/Light Mode

Saatnya MA Bersih-bersih

Sabtu, 24 September 2022 06:37 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sungguh memprihatinkan. Hakim Agung yang diharapkan jadi penjaga hukum di negeri ini, kena OTT (Operasi Tangkap Tangan) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Memang yang kena OTT adalah oknum, tetapi ini bisa merusak citra Mah­kamah Agung (MA). Bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap ben­teng terakhir lembaga peradilan.

Baca juga : Korupsi Lagi, Mencuri Lagi

Lebih menyedihkan lagi, oknum Hakim Agung itu kena OTT karena menerima suap pengurusan perkara. Dan, ini bisa menyebabkan, rakyat kecil yang punya persoalan hukum, pesimis saat berurusan dengan lem­baga peradilan. Mereka beranggapan, hanya orang-orang berduit yang bisa menang di pengadilan.

Kasus suap yang menyeret oknum Hakim Agung juga menunjukkan bahwa ternyata masih ada aparat penegak hukum yang menjual keadilan demi uang.

Baca juga : Rakyat Miskin Rindu Bansos

Oleh karena itu, kita berharap, kasus OTT ini bisa jadi momentum bagi pimpinan MA untuk melakukan bersih-bersih di institusinya.

Kalau ada orang-orang yang dinilai integritasnya rendah, maka cepat keluarkan dari MA.

Baca juga : Jangan Curi Uang Bansos

Sudah saatnya pula pimpinan MA membersihkan institusinya dari makelar kasus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.