Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakyat Miskin Rindu Bansos

Sabtu, 10 September 2022 06:39 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi, Menteri Sosial, para gubernur, walikota dan bupati wajib turun ke lapangan menyelamatkan rakyat miskin dan korban PHK (pemutusan hubungan kerja) dari ancaman kelaparan.

Orang-orang yang ada di lapisan paling bawah sangat merindukan ban­sos tunai dan sembako. Oleh karena itu, tambahan bansos tunai mesti secepatnya diberikan, agar orang miskin bisa membeli beras dan bahan kebutuhan pokok lainnya.

Naiknya harga BBM bersubsidi akan mendorong kenaikan harga ba­rang dan biaya transportasi.

Baca juga : Jangan Curi Uang Bansos

Untuk itu, kita berharap, pemerintah memberikan lagi subsidi angkutan umum, terutama angkutan kota, sehingga tarifnya tidak memberatkan masyarakat kelas bawah.

Sudah saatnya pula, pemda diwajibkan mengalokasikan belanja perlindungan sosial pada anggaran tahun 2022. Ini penting untuk meredam dampak inflasi seiring kenaikan harga BBM bersubsidi.

Meski kenaikan harga barang, teru­tama sembako belum terlalu tinggi, tapi cukup memberatkan orang miskin dan korban PHK.

Baca juga : Ayo Gebuk Mafia Tanah

Oleh karena itu, kita berharap para gubernur, walikota dan bupati segera mengucurkan bansos tunai.

Sebelum bansos dari Kemensos sampai ke tangan orang miskin dan korban PHK, bantuan pemda diharapkan tiba lebih dulu.

Kita juga berharap para walikota dan bupati langsung mencek ke la­pangan, apakah bantuan yang disalurkan benar-benar sampai ke mereka yang berhak, atau tidak.

Baca juga : Hemat Anggaran Dan Stop Korupsi

Kalau kemudian ditemukan ada oknum petugas dinas sosial, kecamatan atau kelurahan yang menyunat dana bansos, kepala daerah harus bertindak tegas. Petugas yang nakal mesti dipecat.

Sekali lagi kita berharap, di saat harga bahan kebutuhan pokok mulai merangkak naik, bansos tunai sudah harus sampai ke tangan masyarakat miskin, sehingga mereka bisa mem­beli bahan kebutuhan pokok.

Untuk itu, para petinggi negeri ini jangan ragu untuk menaikkan anggaran bansos. Kalau anggaran bansos bisa dinaikkan 100 persen, rakyat miskin di­pastikan tidak akan pernah kelaparan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.